Mudik Lebaran, Kuliner Jalur Selatan Bikin Ketagihan

0
148
Sate Maranggi Purwakarta

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Mudik Lebaran 2017, mulai bergeliat. Jalur perjalanan umumnya melintas wilayah jalur Pantai Utara (Pantura). Memang ada tiga jalur yang biasa dilalui. Selain pantura, juga jalur tengah dan selatan.

Jalur selatan merupakan jalur utama transportasi darat yang menghubungkan sebagian besar kota di Jawa Barat. Bahkan, jika menggunakan kendaraan pribadi, jalur ini terkadang dijadikan alternatif untuk menuju kota-kota di Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Mengingat kondisinya yang sangat strategis, melewati Bandung, Garut, Tasik, hingga Ciamis, tak mengherankan jika di sepanjang jalur selatan banyak ditemukan rumah makan. Sejumlah titik tempat kuliner yang bisa disinggahi para pemudik sambil beristirahat. Mayoritas tentu menyajikan kuliner ala Sunda. Kuliner ini cocok dengan lidah kita, karena citarasanya bikin ketagihan.

Bagi yang mengambil jalur selatan, ada empat tempat kuliner yang rasanya wajib untuk disinggahi saat mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, ini beberapa tempat kuliner jalur Selatan yang kerap dihampiri pemudik:

01. Sate Maranggi Hj. Yetty, Purwakarta

Pemudik dari arah barat, pasti akan melewati Kabupaten Purwakarta. Nah, pemudik tidak ada salahnya jika mencicipi sate maranggi yang menjadi khas kabupaten tersebut. Sate Maranggi Hj.Yetti di kawasan Cibungur menjadi salah satu favorit para pecinta kuliner. Bukan hanya lezat, tapi akses kemudahan akses pun menjadi alasan. Sate Maranggi Hj.Yetti berada tepat di pinggir di Jalan Nasional, Cibungur. Sate maranggi ini cocok jadi santapan untuk menu berbuka puasa sambil beristirahat para pemudik.

02. RM Mergosari, Ciamis

Ketika pemudik tiba di daerah Ciamis saat menjelang buka puasa atau malam hari, cobalah untuk mampir ke RM Mergosari. Tempat ini menyediakan hidangan khas Sunda, dengan menu andalan ayam goreng serta aneka sambal dan lalapannya yang sangat menggugah selera. Lokasi rumah makan itu terletak di Jalan Raya Cikoneng, atau tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Ciamis, Jawa Barat.

juga ada Ayam Bakar Bambu. Rumah makan ala Sunda di Ciamis, Jawa Barat, ini menawarkan hidangan menggiurkan, mulai patin bakar bumbu, gurame bakar cobek, hingga ayam bambu ala Cibiuk. Ayam bambu ala Cibiuk berupa potongan-potongan kecil ayam kampung yang diberi bumbu dan dibungkus daun pisang. Setelah itu dimasukkan ke sebilah bambu, kemudian dibakar. Penyajiannya cukup unik karena potongan bambu ikut dihadirkan. Untuk dapat menikmatinya, kita cukup mengambil bungkusan ayam dalam daun pisang tadi melalui lubang bambu. Untuk menikmatinya di RM Cibiuk Jalan Raya Sindangkasih Nomor 90, Ciamis, Jawa Barat

03. Mi Ongklok Pak Muhadi, Wonosobo

Memasuki Jawa Tengah, pemudik disarankan untuk mampir di daerah Wonosobo. Di sana ada tempat makan bernama Mi Ongklok Pak Muhadi. Mi Ongklok menyediakan mi rebus khas Wonosobo yang disajikan dalam kuah kental. Rasanya lezat, kenyalnya mi dengan gurihnya bumbu membuat lidah pemudik bisa ketagihan. Meski banyak yang menjual mi khas Wonosobo, namun Mi Ongklok Pak Muhadi yang berada di Jalan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Wonosobo menjadi favorit.

04. Sop Senerek Bu Atmo, Magelang

Tiba di Magelang dengan rasa lelah dan lapar, pemudik harus beristirahat sejenak. Pemudik bisa mencari tempat makan atau peristirahatan yang disediakan, tetapi jika ingin menghilangkan lapar dengan masakan berkuah, datanglah ke Sop Senerek Bu Atmo di Jalan Jalan Mangkubumi. Hidangan kuah di sini memang nampak sederhana, hanya terbuat dari daun bayam, wortel, dan kacang merah. Tapi bicara soal rasa, kelezatannya bisa menghilangkan rasa lapar dan lelah pemudik. Kuah ini cocok disantap ketika udara sedang dingin.

05. Pindang Ikan Mas Mak Ecot Bandung

Selepas pintu Jalan Tol Cileunyi dari arah Jakarta, jalur selatan mulai membentang. Rumah makan pun ramai menyambut. Banyak pilihan di daerah ini, tapi salah satu yang terkenal adalah yang menyajikan menu pindang ikan mas. Layaknya olahan pindang lain, pindang ikan mas yang satu ini juga berwarna cokelat tapi cenderung kehitaman. Dalam satu piring tersaji dua ekor ikan mas. Sekilas, tampilannya kurang menggiurkan. Tapi jangan salah, saat dicoba, daging ikan terasa lunak sampai duri-durinya tak terasa. Bahkan tulang bagian tengah ikan terasa renyah. Lokasinya Mak Ecot 2 Jalan Nagrek KM 36, Kabupaten Bandung

06. Nasi Liwet Gepuk, RM Gentong Tasikmalaya

Salah satu menu andalannya adalah nasi liwet gepuk? Olahan nasi liwet sebenarnya sama seperti nasi biasa. Bedanya, nasi liwet telah diberi bumbu sebelum ditanak sehingga rasanya lebih gurih. Nasi tersebut disajikan lengkap dengan gepuk atau daging sapi goreng, sayur asam, tahu-tempe goreng, sepotong ikan asin jambal, lalapan, dan sambal. Menu ini, untuk porsi satu orang dihargai Rp 36 ribu. Jika ingin porsi yang lebih banyak karena datang bersama keluarga, tak ada salahnya memilih paket nasi liwet kendil. Paket ini cukup untuk tiga orang. Sesuai dengan namanya, nasi liwet dihidangkan di dalam kendil. Pilihan menunya bisa berupa gepuk, ayam goreng/bakar, atau pepes ayam/ikan, tergantung selera di RM Gentong, Jalan Raya Gentong Nomor 16, Ciawi, Tasikmalaya

Selain itu, di Tasikmalaya. Mungkin orang mengira rumah ini hanya menyediakan berbagai olahan dari buah stroberi, sesuai dengan namanya. Ternyata rumah makan ini justru menyediakan berbagai masakan ala Sunda. Salah satunya nasi tutug oncom. Di tempat ini, nasi putih tidak dicampur dengan oncom saja, tapi juga dengan emping yang menjadi ciri khas. Selain itu, dalam setiap porsi, menu seharga Rp 38 ribu itu telah dilengkapi ayam goreng, tahu goreng, tempe mendoan, sayur asem, potongan ikan asin jambal, lalapan, dan sambal.
Asstro (Asep Stroberry) Jalan Raya Ciawi Nomor 5, Tasikmalaya

07. Aneka Ayam Ciamis – Banjar

Saat melintasi perbatasan Ciamis-Banjar, ada rumah makan dengan bentuk bangunan berupa rumah panggung dengan warna merah mencolok. Umbul-umbul yang terpasang di sisi jalan semakin menambah penasaran. Sesuai dengan namanya, menu yang diandalkan memang berbagai olahan ayam. Ada ayam goreng, ayam bakar, ayam rica-rica, dan lain-lain. Pilihannya tersedia dalam beberapa paket, yakni paket A, B, dan C. Paket ini menunjukkan besar ukuran ayam. (*)

LEAVE A REPLY