Miuccia Prada, Desainer Wanita Hebat di Dunia Mode

0
180
Karya desinaer Parda

ITALIA, Bisniswisata.co.id: Miuccia Prada menjadi wanita pertama di dunia mode, yang dengan bakat luar biasanya mampu mengubah industri dengan estetika kreatif. Miuccia Prada mengubah bisnis keluarganya menjadi kerajaan mode dunia, di mana inovasi, kualitas, dan kemewahan berhasil menarik titik kritis dan jutaan penjualan.

Diketahui, perancang Milan tersebut telah mewarisi rumah mewah kulit keluarganya yang didirikan kakeknya, Mario Prada, pada 1913. Prada sekarang merupakan merek andalan Grup Prada yang terdaftar di bursa, termasuk Miu Miu dan pembuat sepatu Church’s and Car Shoe.

Dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar USD3 miliar atau setara Rp40 triliun, Miuccia Prada terdaftar di majalah Forbes sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Lahir sebagai Maria Bianchi pada 10 Mei 1949 di Milan, Italia, dia dibesarkan di keluarga tradisional Italia yang makmur bersama dua saudara lainnya. Miuccia mengenyam pendidikan di Universitas Milan dengan gelar PhD dalam ilmu politik.

Pada 1977, Miuccia dan saudara kandungnya, Albert dan Marina, mewarisi bisnis fashion keluarga. Pada saat diwariskan, Prada sedang berjuang memulihkan bisnis keluarganya yang hanya memiliki satu toko tersisa untuk namanya.

Dia pun bertemu suami dan mitra bisnisnya pada masa depan, Patrizio Bertelli, yang memiliki peran penting dalam membantu menghidupkan kembali merek tersebut. Keduanya menikah pada 1987 dan Bertelli bergabung dengan perusahaan tersebut dalam urusan bisnis, sementara Miuccia memimpin desain.

Pada akhir 1980-an, dia mengambil nama Miuccia Prada, di mana dia meminta bibinya untuk mengadopsi sehingga dia bisa secara resmi memegang nama keluarga Prada sehingga diizinkan secara sah untuk mengambil alih kendali perusahaan keluarga. Tanpa latihan formal, Miuccia Prada membuat debut pacu resminya berlangsung selama musim mode 1988.

Koleksinya menggunakan garis-garis bersih dan sederhana, kain mewah, dan sentuhan eksentrik yang halus, elemen yang hingga kini masih menjadi bagian filosofi desain Prada.

Pada 1992, dia meluncurkan label baru yang lebih terjangkau bernama Miu Miu yang menargetkan pelanggan yang lebih muda. Dari tangan dinginnya, Miuccia Prada pun mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain dianugerahi Dewan Perancang Mode Amerika (CFDA) sebagai perancang internasional terbaik tahun 1993 dan 2004.

Dia juga salah satu desainer yang memiliki pameran mode besar, yang dipresentasikan Metropolitan Museum of Art di New York City ketika Costume Institute menggelar pertunjukan berjudul Schiaparelli dan Prada: Impossible Conversation.

“Saya tidak pernah berpikir orang ingin memakai pakaian dengan monyet dan pisang di atasnya. Ini memberi saya wawasan besar tentang orang-orang, bagaimana orang bersedia menempatkan diri mereka di luar sana. Fashion adalah alat yang luar biasa untuk memahami orang, untuk memahami dunia,” ucap Miuccia Prada saat diwawancarai untuk pameran tersebut dan difilmkan Baz Lurhman. (*/SIN)

LEAVE A REPLY