Milad ke-17 ESQ Kokohkan Visi Misi Membangun Karakter Bangsa

0
211

JAKARTA, bisniswisata.co.id : ESQ menggelar serangkaian acara Indonesia emas  memperingati usianya yang telah beranjak ke usia 17 pada Sabtu tanggal 20 Mei dan Minggu tanggal 21 Mei 2017 di Menara 165, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, kata Yudi Hamka, Ketua Panitia Milad ke 17 ESQ.

Acara yang bertemakan “Dengan Nilai-nilai Luhur 165 dan 7 Budi Utama Kita Wujudkan Indonesia Emas” mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dengan menyebarkan nilai-nilai kebaikan dan berpegang teguh pada 7 Budi Utama: Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, Peduli.

Serangkaian acara Pra Milad berbasis sosial sebelumnya telah dilaksanakan, diantaranya menggelar sebelas kegiatan menggandeng Lembaga Kemanusiaan ( LK) ESQ dan Yayasan Wijaya Kusumah ( YWK) seperti pengobatan gratis bagi 500 warga dan  yang utama adalah Deklarasi Budi Utama dipimpin Nanan Soekarna yang juga mantan Waka POLRI berlangsyng di Jl.Hanjawar no.62 Pacet Cianjur, Desa Cipendawa, Jabar.

“Kegiatan lainnya Gerakan Bersih Masjid dan Mushala,  Training Kepemudaan bagi organisasi pemuda calon pemimpin bangsa. Ada Turnamen Golf, Pelatihan Perbaikan Karakter untuk Narapidana dan Tahanan, kemudian terakhir ialah Khitanan Massal libatkan 156 anak,” kata Yudi Hamka.

CEO ESQ, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian mengungkapkan pada momentum peringatan Milad ke-17 ini ia ingin mengajak masyarakat bersama-sama menyegarkan spirit untuk menggapai cita-cita membangun karakter bangsa.

“Saya tetap yakin dan percaya bahwa kebangkitan bangsa dan umat akan terjadi, dengan catatan pembangunan karakter bangsa harus terus diperjuangkan tak boleh surut,” ungkap Ary Ginanjar, Founder ESQ ini.

Karena bagaimana pun, lanjutnya, semua permasalahan di keluarga, lembaga, organisasi, perusahaan, berakar pada problema karakter.

“Apapun posisi, jabatan, dan kedudukan seseorang akan tiada arti tanpa karakter yang baik. Tanpa karakter mulia seorang dengan posisi yang tinggi sekalipun, bisa terpuruk di lubang kehinaan. Begitu pula dengan nasib bangsa kemajuan dan kehancuran ditentukan oleh karakter,” lanjutnya.

Untuk menggapai cita-cita tersebut, ESQ sudah menetapkan Visi Misi bersama yaitu pada tahun 2020 mencanangkan Indonesia Emas dengan kebangkitan moral 7 Budi Utama. Ketika masyarakat sudah mengaplikasikan 7 Budi Utama yaitu: Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Kerjasama, Adil, dan Peduli.

“Tahun 2030 kita akan menjadi Indonesia yang makmur dan sejahtera. Sedangkan 2045 yaitu Indonesia menjadi adidaya sebuah bangsa yang besar, jaya, dan bermartabat,” pungkasnya.

Selama dua hari, ESQ akan menggelar acara Satu Jam Bersama Ary Ginanjar Agustian, Panggung Hiburan dengan Lomba Penampilan Budaya oleh FKA (Forum Komunikasi Alumni) dari berbagai daerah dan Penampilan Mahasiswa ESQ Business School, kemudian Fashion Show bersama Desainer Dian Pelangi dan Rosie Rahmadi, Bazaar.

Pada keesokkan harinya, 21 Mei ada Seminar Nasional Transformasi Budaya Organisasi Menuju Indonesia Emas bersama Pemilik Kosmetik Wardah Nurhayati Subakat, Kepala Ekonomi BRI Anggito Abimanyu, Pemilik L’Essentials Lina Liputri, K.H. Cholil Nafis Ketua Komisi Dakwah MUI dan Dr. H.C. Ary Ginanjar Agustian Founder dan CEO ESQ.

Ada pula Sharing Parenting bersama Pakar Parenting yang juga Penulis buku The Secret of Enlightening Parenting, Arie Kusuma Dewi dengan tema “Menjaga Potensi Baik Anak”

Acara yang tidak kalah penting ialah Acara Konser Musik Indonesia Emas yang akan dihadiri oleh berbagai artis papan atas, antara lain Opick & Tomboati Big Band,

Artis lainnya adalah Dwiki Dharmawan, Sultan Djorghi, Annisa Trihapsari, Indah Dewi Pertiwi, Nong Niken KDI, Marsya Idol, dan Eghy D’massive.

“Acara konser musik akan dipandu oleh Annisa Trihapsari dan Ditan Sudiro, “ kata Yudi Hamka.

ESQ adalah Lembaga Pembangunan Sumber Daya Manusia dengan menggabungkan tiga potensi manusia yaitu IQ ( Intelligence Question), EQ (Emotional Quostions, dan SQ (Spiritual Quotient).

ESQ berawal dari tulisan tangan Ary Ginanjar Agustian yang kemudian dibukukan dengan judul Rahasia Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual Quotient dan terbit pada tahun 2000. Buku ESQ menjadi best seller dan telah terjual lebih dari dua juta copy.

ESQ bukan lembaga agama atau politik, akan tetapi bagaikan oksigen yang netral dan tidak berwarna. ESQ merupakan lembaga training independen untuk membangun karakter dan budaya bangsa.

Kini jumlah alumni ESQ berjumlah 1.6 juta yang tersebar di berbagai provinsi mulai dari Aceh hingga Papua, dan tersebar di Mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, Maroko, Turki, Inggris, Jerman, Belanda, Swedia, Australia. (*/ HAS)

LEAVE A REPLY