Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Destinasi Tanjung Lesung

0
171
Pengibaran bendera di bawah laut (Foto: ElJohn.com)

PANDEGLANG, Bisniswisata.co.id: Upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada kemerdekaan Indonesia ke-72, Kamis (17/8/2017), digelar dari bawah laut di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Pengibaran bendera di Tanjung Lesung Beach Club, dilakukan 17 penyelam Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan Angkatan Laut.

Upacara pengibaran bendera berlangsung sekitar pukul 09:00 WIB, berjalan khidmat dengan pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah ke atas air di tiang bendera sepanjang 17 meter oleh 17 penyelam.

Tepat ketika bendera berjarak satu hingga dua meter dari permukaan laut, lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh ratusan peserta upacara yang berada di pulau buatan di tengah perairan dan bibir pantai ini, memang cukup menarik. Dan baru pertama kali digelar.

“Kami sangat bangga dan senang atas hal ini karena ini baru kali pertama dilakukan oleh Pramuka Saka Bahari, karena ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia kami mengibarkan bendera di bawah laut yang masih alami, indah,” kata Ketua Harian Kwartir Daerah Banten Cepi Syafrul Alam yang juga bertindak sebagai pembina upacara di lokasi upacara.

Para pengibar bendera tersebut menghabiskan waktu sekitar tiga bulan untuk mempersiapkan upacara bendera dari dalam laut tersebut, termasuk uji coba di lokasi selama dua pekan.

Upacara pengibaran bendera ini bisa memotivasi para anggota pramuka, khususnya tingkat penggalang untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan minat mereka akan suatu kegiatan positif. “Termasuk juga menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dari para anggota Pramuka,” ujar Kepala Bidang Evaluasi dan Pengembangan Dewan Kerja Daerah Kwartir Daerah Banten Oki Fathurrohman di lokasi yang sama.

Selain itu, lanjut dia, diharapkan wisatawan dapat berwisata di Tanjung Lesung yang pemandangannya sangat indah dan menawan untuk dikunjungi, termasuk wisata bawah laut yang masih alami.

Direksi Pengelola KEK Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo mengatakan KEK di Provinsi Banten itu dipilih karena pengelola ingin mempromosikan keindahan bawah laut Tanjung Lesung. “Suatu pengalaman yang seru dan menarik bisa mengibarkan bendera di bawah laut. Sensasinya beda dan unik daripada upacara 17 Agustus di darat. Silakan datang ke Tanjung Lesung,” ucap Poernomo.

Tanjung Lesung sudah dikenal sebagai Venice of Indonesia. TanjungLesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Pantai Tanjung Lesung membentang sepanjang 15 kilometer dengan pasir putih halus, landai, dan pepohonan hijau di sekeliling. Ada sejumlah spot snorkeling dengan berbagai jenis terumbu karang, ubur-ubur, dan biota laut lainnya.

Jika jalan Tol Serang-Panimbang selesai, perjalanan wisatawan dari Jakarta ke Tanjung Lesung akan lebih cepat. Ini semakin membuka akses Tanjung Lesung, atraksi wisata baharinya bakal ikut terdongkrak. Acara HUT kemerdekaan ini bisa menjadi atraksi yang menarik wisatawan ke Tanjung Lesung. (*/BBS)

LEAVE A REPLY