Menu Lokal, Lagu Wajib bagi Hotel & Restoran di Kendari

0
588
Hotel

KENDARI, test.test.bisniswisata.co.id: HOTEL dan Restoran di wilayah Kendari diwajibkan menyajikan hidangan berbasis pangan lokal, baik kepada wisatawan lokal, nusnatara maupun internasional.

“Kami mendorong setiap hotel dan restoran menyajikan hidangan berbasis pangan lokal khususnya pada acara-acara tertentu,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kendari, Nismawati, di Kendari, seperti diunduh laman Antara, Ahad (28/02/2016).

Ia mengatakan, langkah itu sebagai upaya kita untuk membiasakan masyarakat mengkonsumsi pangan lokal nonberas, tidak hanya di rumah tetapi kami inginkan di restoran atau hotel juga menyiapkan.

“Tujuan utama dari terobosan itu untuk mendukung diversifikasi pangan di wilayah Kota Kendari. Pemerintah selalu memikirkan alternatif pangan apa selain beras yang dapat dikonsumsi secara aman,” katanya.

Pangan lokal atau nonberas yang sedang dipromosikan itu adalah sinonggi terbuat dari sagu, kambose terbuat dari jagung, kasuami dan kabuto terbuat dari ubi kayu, katanya.

Menurutnya, pemerintah terus berupa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal, karena bahan baku di Kota Kendari sangat melimpah.

“Kita berupaya agar masyarakat tidak hanya tergantung pada satu jenis pangan yakni beras. Sehingga jika suatu saat terjadi suatu hal yang mengakibatkan gagal panen beras, maka ada pangan lokal yang siap dijadikan konsumsi,” katanya. (*/A)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.