Menjijikkan, Teko di Hotel Bukan Buat Sedu Air

0
896

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menyeruput teh atau kopi sambil bersantai di kamar hotel merupakan hal yang sangat menenangkan. Akan tetapi, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk menggunakan teko listrik di kamar hotel Anda setelah mengetahui hal ini.

Seperti dilansir Travel and Leisure, Jumat (01/09/2017) sebagian pelanggan yang menginap di hotel ternyata memanfaatkan fasilitas teko listrik dengan tidak semestinya. Mereka menggunakan teko listrik yang ada di dalam kamar untuk membersihkan pakaian dalam.

Kebiasaan menjijikkan ini mulai mendapat sorotan setelah seorang netizen mengajukan pertanyaan via Twitter. Dalam tulisannya, @YugSTAR menanyakan apakah ada orang yang membersihkan pakaian dalam dengan teko listrik selama berpergian.

“Adakah orang yang saya kenal membersihkan pakaian dalam mereka dalam sebuah ketel ketika berpergian?” tulis pria yang berprofesi sebagai Global PAX content director ini.

Rumor kebiasaan buruk sebagian pengunjung hotel ini juga diungkapkan melalui media sosial Cina, Weibo. Cukup banyak pengguna Weibo yang mengatakan bahwa mereka kenal beberapa orang yang memanfaatkan teko listrik atau ketel untuk membersihkan pakaian dalam mereka.

Terkait hal ini, dosen senior di bidang molecular biosciences dari Institute of Natural and Mathematical Sciences Dr Heather Hendrickson angkat bicara. Hendrickson mengatakan kebiasaan buruk yang dilakukan sebagian pengunjung hotel tersebut sangat menggelisahkan. “Ini sangat, sangat, sangat, menjijikkan,” kata Hendrickson.

Hendrickson mengatakan merebus air memang dapat membunuh sebagian besar patogen bakteri, atau setidaknya menurunkan kadar mereka ke taraf yang tidak membahayakan kesehatan. Akan tetapi, beberapa tipe bakteri resisten terhadap temperatur tinggi sehingga dapat mengancam kesehatan seseorang.

Di samping itu masih banyak variabel lain yang belum diketahui dan mungkin berpotensi membahayakan. “Dan ketel hotel bukan fasilitas pembersih dengan kekuatan yang besar,” terang Hendrickson.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada fasilitas lain di hotel yang juga perlu mendapatkan perhatian, yaitu pengering rambut. Penelitian menunjukkan bahwa pengering rambut di hotel bisa lebih kotor dibandingkan wastafel maupun toilet. Alasannya, pengering rambut jarang dilihat sebagai alat yang perlu dibersihkan dengan sering. (*/TNL)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.