Meningkat, Wisman Asal Tiongkok Berwisata ke Indonesia

0
785
Turis Tiongkok berwisata ke desa wisata Bali (foto: indonesiatimur.co)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia grafiknya kian meningkat. Badan Pusat Statistik(BPS) mencatat, Tiongkok menyumbang jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tertinggi ke Indonesia pada periode Februari 2015 yakni 18,28 persen atau 144 ribu kunjungan dari total 786,7 ribu kunjungan wisman.

“Wisatawan mancanegara berkebangsaan Tionghoa barang kali meningkat karena ingin berbisnis di Indonesia, juga Idonesia kini terus gancar promosi pariwisata ke negeri Tirai Bambu,” kata Kepala BPS Suryamin, di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan, jumlah tersebut meningkat sebelum berlakunya kebijakan pemerintah yang membebaskan visa untuk 30 negara yang berlaku mulai April ini.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok berpotensi meningkat setelah berlakunya kebijakan pembebasan visa untuk 30 negara yang salah satunya adalah Tiongkok.

Setelah Tiongkok, wisatawan Malaysia menyumbang sebesar 12,43 persen atau sebanyak 97,8 ribu kunjungan. Dan, warga Singapura menyumbang 12,39 persen atau 97,4 ribu kunjungan. Sementara, Australia menyumbang 10,43 persen atau sebanyak 82 ribu kunjungan dan Jepang 5,89 persen atau 46,3 ribu kunjungan.

Suryamin mengatakan, kenaikan jumlah kunjungan wisman pada periode itu terjadi di sebagian pintu masuk utama dengan persentase kenaikan tertinggi terjadi di Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara sebesar 212,70 persen.

Pelabuhan Tanjung Priok, DKI Jakarta mengalami kenaikan jumlah kunjungan wisman hingga 43,46 persen dan Pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau naik 30,84 persen.

Di lain sisi, penurunan jumlah kunjungan wisman terjadi di sepuluh pintu masuk dengan penurunan tertinggi terjadi di Bandara Sepinggan, Kalimantan Timur sebesar 35,08 persen dan terendah di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat 0,45 persen. ***

LEAVE A REPLY