Meningkat, Gaya Belanja Orang Indonesia Pakai Smartphone

0
268

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Google mengungkapkan masyarakat Indonesia tak lagi menggunakan smartphone untuk komunikasi maupun aktif di media sosial, namun kini cenderung untuk berbelanja online. Hebatnya, penggunaan smartphone untuk belanja online aktifitasnya sangat tinggi dan meningkat pesat.

“Orang dengan handphone sudah melakukan aktivitas tertentu, salah satunya online shopping. Dulu hanya untuk komunikasi, sosial media, 57 persen sudah untuk shopping,” ujar Industry Head Google Indonesia, Henky Prihatna di Jakarta dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Jumat (18/11/2016).

Hal ini sejalan dengan tren seluler atau mobile yang mendominasi di Indonesia. 71 persen dari mereka mengatakan smartphone merupakan perangkat utama untuk online, lebih tinggi dibandingkan dengan India atau China.

“Penetrasinya dalam hal smartphone adoption, Indonesia paling tinggi, yakni 71 persen, lebih tinggi dibandingkan India (69 persen, Thailand 54 persen, China 44 persen) apalagi berkembangnya android,” kata Henky.

Hal ini didukung temuan Google lainnya yang mengungkapkan penggunaan smartphone rata-rata lebih dari 2 jam atau 136 menit dalam sehari.

“Selama 2 jam seharinya menggunakan smartphone, 68 menit menggunakan browser, 68 menit untuk apps. Menarik, sudah berkembang. Mereka sudah paham soal apps,” tuturnya.

Saat berbelanja online, 92 persen pembeli mengaku membeli menggunakan sebuah aplikasi atau dari situs yang memberikan informasi relevan.

Selain itu, 87 persen pembeli mengatakan mereka telah berubah pikiran mengenai sebuah merek di toko setelah membaca informasi produk di smartphone mereka. “Banyak orang Indonesia dapat brand baru di website. 87 persen mereka enggak setia. Pada saat beli sesuatu di toko a, cek harga di toko lain lebih murah, maka pindah,” kata Henky.

Selain itu, 77 persen bahkan telah mengunjungi sebuah toko atau situs yang berhubungan setelah melakukan pencarian informasi sebuah produk di smartphone mereka. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY