Menikmati Sajian Makanan dalam “Tenong”

0
611

KUTA, test.test.bisniswisata.co.id, – SALAH satu dimensi modernitas adalah “kekinian” tradisi. Dan itulah kunci kekuatan manajemen Alaya Resort Kuta dalam persaingan global bisnis hospitality. Alih fungsi yang memuliakan perangkat-perangkat tradisional menjadi perangkat modern, tidak hanya memikat penglihatan para tamu, baik wisatawan lokal mau pun asing.  Para tamu berdecak kagum, karena tidak pernah terpikirkan barang-barang tradisional di Indonesia itu bisa ditampilkan berbeda secara fungsional dan estetika dekorasi.

Lihat, di koridor kamar-kamar Alaya Resort Kuta bubu tampil  sebagai lampu gantung dekoratif. Bubu alias fish trap adalah alat perangkap ikan ini tidak dari bilah bambu tetapi berbahan dasar bilah rotan, dijalin sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk lonjong kas bubu. Lampu dalam bubu mewujudkan koridor temaram indah, memberi kenyamanan bagi tamu yang lalu-lalang.

Nah, bagi penghuni hotel unik di dalam Gang Puspa Ayu, ruas jalan Kartika Plaza yang memesan kudapan melalui layanan kamar. Boleh terkejut saat staf resto berdiri di depan pintu dengan tenong. Ya, pesanan anda dikemas dalam food container khas budaya Nusantara berbahan dasar bambu.

Tenong, terbuat dari  anyaman  bambu  yang berbentuk  bulat  seperti  nampan. Dimasa lalu tenong sehari-hari digunakan pedagang kue dan makanan,  juga perangkat hantaran hari raya, hantaran pesta, syukuran.  Secara  filosofi,  tenong mempunyai arti silaturahmi dan kerukunan, dengan menjaga silaturahmi akan tumbuh  kekompakan dalam masyarakat. Dengan berwisata, kita juga menjaga silaturahmi dengan pelaku budaya lain di daerah tujuan wisata.

Alaya Kuta, salah satu hotel dibawah kelola AIM Hospitality — Alaya Resort Ubud, Alaya Resort Kuta dan Alaya Resort Jembawan — dirancang arsitek yang berbasis di Perth, Grounds Kent, rancang landscape oleh Made Wijaya.  AIM Hospitality, perusahaan swasta berkedudukan di Indonesia yang sukses mengelola Villa de daun, Tanaya Bed & Breakfast, Dala Spa dan Manisan restoran. * Dwi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.