Menikmati Malam di Kota Ambon dengan Secangkir Kopi Rarobang

0
1317
Suasana Kafe Sibu-Sibu, Ambon. (Foto.Evi)

AMBON, Bisniswisata.co.id: Berada di Kota Ambon, tak lengkap rasanya bila belum mencoba kopi di Kafe Sibu-Sibu yang terletak di Jalan Said Perintah, Ambon.

Memasuki kafe dengan suasana malam hari ditambah dengan alunan suara merdu lagu-lagu Ambon dan lagu Barat dengan alunan musik ala Hawaian ini, sekilas terlihat seperti kafe musik dibanding kafe penjual kopi. Alunan lagu tersebut memberikan suasana yang khas bagi Kafe Sibu-Sibu.

Kafe kopi ini memiliki design interior yang unik, dimana seluruh ruangan dipenuhi dengan berbagai macam poster dari tokoh terkenal asal Maluku, yakni mulai dari atlet, pemusik, hingga Miss Universe dari masa ke masa.

Memang sangat pantas bila Kota Ambon dijuluki Ambon City of Music, mengingat banyaknya musisi Indonesia yang terkenal berasal dari Ambon, seperti Broeri Pesolima, Ruth Sahanaya, Bob Tutupoli, Glen Fredly, dan masih banyak lainnya yang terpasang di dinding kafe.

Menurut salah satu karyawan kafe, poster ini sengaja dipasang sebagai sumber inspirasi pemuda Maluku, khususnya Pulau Ambon untuk lebih mencintai daerahnya sendiri dan tidak meninggalkan tradisi yang sudah ada sejak dahulu kala.

Kopi Rarobang Susu Madu dengan taburan kenari di atasnya menjadi pilihan untuk segera mencoba dan menikmatinya. Rasanya enak sekali, cukup untuk menghilangkan penat dan letih setelah berjalan seharian di Kota Ambon.

Ambon terkenal sebagai penghasil kenari sejak jaman dulu, tak hanya menu masakan Ikan Kuah Kuning saja yang ditaburi kenari, sampai minum kopi pun irisan tipis kacang kenari yang sudah disangrai menjadi taburan kopi. Irisan kacang kenari yang tipis-tipis sedap itu akan mengambang di atas cangkir kopi atau kopi susu sesuai pesanan.

Secangkir Kopi Rarobang di Kafe SIbu-Sibu yang dapat menghilangkan penat dan letih setelah mengelilingi Kota Ambon. (Foto. evi)
Secangkir Kopi Rarobang di Kafe SIbu-Sibu yang dapat menghilangkan penat dan letih setelah mengelilingi Kota Ambon. (Foto. evi)

“Biasanya orang yang sudah datang mencoba akan datang lagi karena ketagihan dan teringat kenangan mencicip kopi lezat di kafe ini. Bila Kakak datang ke Ambon lagi tentu akan balik ke kafe ini mencari kopi Sibu-Sibu,” ujar tour guide, James yang mendampingi perjalanan Bisniswisata.co.id.

Selain minum Kopi Sibu-Sibu, sebagai pilihan minuman lainnya kafe yang mulai buka pukul 09.00-23.00 WIB ini juga menarawarkan Kopi Areng (Black Coffee), Kopi Ginseng, Teh Ginseng Susu, aneka juice, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, Kafe Sibu-Sibu tidak menjual kopi bubuk Sibu-Sibu dan kenari yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Tak hanya kopi, di Kafe Sibu-Sibu yang telah berusia empat tahun ini menyediakan pula macam-macam variasi kue-kue khas Ambon, seperti Kue Sagu Kenari, Koyabu (singkong yang dikukus), dan Gogos (lemper bakar), Pulut Siram, Onde-onde, Panakuk, Brudder Sageru, Sukun Goreng, Namu-namu Panada, Tart Labu, dan Kue Sagu Pake Kenari yang dapat dijadikan sebagai teman minum kopi.

Harga untuk semua menu yang ditawarkan standar, yakni mulai dari kisaran harga Rp3.000 hingga Rp25.000.

Bagi yang ingin ‘makan berat’ bisa memilih menu mie rebus/goreng, Nasi Goreng Sibu-Sibu (bungkus dadar), Soto Ayam, Kolak Pisang Panas, dan lain sebgainya.

Selain banyak aliran listrik yang sangat diperlukan untuk menyambung aktifnya batere handphone ditambah alunan musik yang terus mengalun dengan suara-suara merdu penyanyi, tempat ini membuat malas untuk beranjak pergi.

Ya ditempat inilah, bila ingin menikmati atmosfir Kota Ambon, berjam-jam dengan menyeruput secangkir demi secangkir kopi panas di Kafe Sibu-Sibu. (evi)

LEAVE A REPLY