Mengenal Cosplayer Komik re:ON, Franzeska Edelyn dan Matcha Mei

0
8402

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menjadi cosplayer atau seseorang yang mengenakan kostum karakter komik atau animasi sehingga persis sama seperti aslinya menjadi hal yang menyenangkan, meski ternyata bukan pekerjaan mudah.

Seperti halnya Franzeska Edelyn, gadis yang ceria yang berwajah imut dan menggemaskan yang menjadi cosplayer karakter Reon, dan Matcha Mei yang jadi cosplayer Reyna. keduanya maskot majalah kompilasi komik re:ON Comics.

Franzeska Edelyn atau biasa disapa Edelyn ini kepada Bisniswisata.co.id, mengatakan, “Kebanyakan orang tidak menyadari apa yang terlihat bagus di karakter komik atau animasi itu sebenarnya sulit saat diaplikasikan ke wujud nyata seseorang”.

Kostum, wig, sepatu, make up, dan pernak-pernik lainnya menurut gadis yang tinggal di Jakarta ini harus dipersiapkan dengan baik serta perlu ketelitian dan waktu yang tidak sebentar.

Untungnya, gadis kelahiran 29 Agustus 1996 ini memang sudah beberapa tahun ini berkecimpung dalam dunia cosplay sehingga tugas utamanya untuk menghidupkan karakter yang ada di dalam komik ke dalam dunia nyata selalu berhasil dan seringkali menuai pujian dari para fans.

Kesuksesan Edelyn sebenarnya didasari oleh kecintaannya kepada karakter yang sungguh-sungguh diperankannya. Percaya atau tidak, bukan hanya kostumnya saja yang sama dengan karakter Reon, tapi karakter dan sifat aslinya yang happy-go-lucky dan cute ini juga sama.

“Bahkan hobi kami juga sama yakni menyanyi dan menari serta sama-sama penyuka warna pink. Pokoknya saya suka banget sama Reon,” kata Edelyn yang memulai pekerjaannya sebagai cosplayer sejak 2009.

Perkenalan dengan dunia cosplayer menurutnya juga secara kebetulan. Wajahnya yang cantik dan lucu itu membuat teman-temannya mengajak dia meniru karakter untuk sekadar bersenang-senang, namun akhirnya dia mulai membuka diri untuk menerima job dari luar.

Edelyn sendiri mengakui sangat menyukai re:ON Comics sejak penerbitan awal majalah kompilasi komik karya komikus lokal Indonesia itu. Satu panel pun yang tampil di majalah kompilasi komik itu tidak pernah dilewatkan. Saat ini re:On sudah volume 10.

Seiring dengan makin berkibarnya re:ON yang selalu ditunggu banyak pembacanya di seluruh Indonesia, nama Edelyn juga ikut bersinat serta semakin banyak fans di seluruh Indonesia yang terbukti dari fanpage di Facebook miliknya yang telah menembus 22 ribu likes.

Begitu juga dengan Matcha Mei, yang disapa Mei ini. Mahasiswi kelahiran 9 Desember 1990 ini mulai menjadi cosplayer sejak 2009, sama seperti Edelyn. Dimulai dari kegemarannya membaca dan menonon anime-anime serta main games.

“Awalnya aku penasaran saja untuk mencoba costume dan role play menyerupai karakter yang ada di dalam anime di sebuah event. Dari sana kemudian saya suka dan ingin mencoba lagi,” ungkap Mei mahasiswi graphic design.

Mei yang menyukai green tea mengatakan, “Untuk kostum saya percayakan ke teman-teman cosmaker untuk merancang dan membuatnya. Namun untuk styling wig dan make up, saya mengerjakan sendiri”.

Baik Reon dan Reyna dapat ditemui pada event-event pop culture yang diikuti re:On Comics. Pengunjung bisa foto-foto sekaligus berkenalan dengan para komikus kondang re:ON.

Re:ON memang tempat berkumpulnya banyak komikus Indonesia yang telah mengukir prestasi hingga ke dunia internasional.

Reon (Edelyn bersama Creative Director Andik Prayogo, Contributing Editor Yudha Negara Nyoman, dan Editor in Chief Chris Lie.
Reon (Edelyn bersama Creative Director Andik Prayogo, Contributing Editor Yudha Negara Nyoman, dan Editor in Chief Chris Lie.

Chris Lie, editor in-chief re:ON, mengatakan, “Edelyn dan Mei memang memiliki talenta yang kuat sebagai cosplayer dan sangat cepat untuk melakukan adaptasi”.

“Meski masih muda tapi orangnya profesional pada kerjaan dan cepat tanggap. Apalagi passion-nya pada komik memudahkan pekerjaannya sebagai cosplayer Reon dan Reyna,” kata Chris Lie.

Menurut Chris, karir Edelyn dan Mei ke depan terlihat sangat cerah. “Kami selalu puas setiap kali bekerja sama dengan mereka,” tutupnya. (evi)

LEAVE A REPLY