Memanjakan Tubuh dengan Spa Martup dari Tanah Batak di Gaya Spa

0
2070
Prof Dr Rusmin Tumanggaor, MA memberikan penjelasan tentang spa gaya Martub Batak pada acara Media Gathering di Gaya Spa, Jakarta Selatan, Rabu (21/1/15). Foto. Evi

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Indonesia yang kaya dengan budaya dan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan akan wellness (spa).

Kekayaan spa tersebut dilestarikan pemilik Gaya Spa yakni Lourda Hutagalung di Gaya Spa bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk mengangkat sembilan spa lokal (etno wellness) dari daerah Indonesia dan ritual pijatnya.

ZSPASembilan etno wellness itu terdiri dari Batangeh Minang, Tangas Betawi, Oukup/Martup Batak, Lulur Java, So’oso Madura, Boreh Bali, Batimung Banjar, Tellu Sulapa Eppa Bugis, dan Bakera Minahasa.

Setelah sebelumnya merasakan budaya spa dari Jakarta, yakni  Tangas Betawi, Bisniswisata.co.id kini mempelajari spa daerah Batak, yakni Martup dan Oukup.

Martup dan Oukup memiliki teknik pijat khusus, pengasapan, dan penggunaan herbal khas dari Batak. Selain itu spa ini menawarkan sensasi yang menyegarkan tubuh dan pikiran.

“Spa Martup dan Oukup sudah ada dan berkembang ribuan tahun di Tanah Batak, yang meliputi Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Dairi, Karo, dan Simalungun di Sumatera Utara,” ujar ahli antropologi kesehatan yang mendalami pengobatan tradisional Batak, Prof Dr Rusmin Tumanggor, MA saat memberikan penjelasan Spa Batak Martup dan Oukup pada acara Media Gathering di Gaya Spa, Jakarta Selatan, Rabu (21/1/15).

Prof Dr Rusmin Tumanggor, MA. (Foto. Evi)
Prof Dr Rusmin Tumanggor, MA. (Foto. Evi)

Menurutnya ada tiga konsep besar spa Batak, yakni pertama Tange (Tapanuli Utara dan Tengah, serta Sibolga), Tange berarti pengasapan menggunakan api unggun, kayu-kayu kecil, kemenyan, bawang putih, dan tanaman lainnya.

Kedua, Tup (Karo dan Dairi) dan Martup (Simalungun), yang berarti pengulosan atau penyelimutan bersifat penguapan dengan menggunakan sejumlah uap air dari rebusan bahan tumbuhan.

Lalu yang ketiga menurutnya Oukup (Tapanuli Utara dan Nias) yang bersifat penutupan atau pengasapan dengan api unggun dan kayu-kayu kecil, kemenyan, bawang putih, dan tanaman lain.

Martup dan Oukup dalam penelitian yang dilakukan Prof Rusmin sejak 1990-an banyak menggunakan mantera dan jampi yang bersifat pemujaan dan permohonan doa kepada Tuhan, serta menggunakan berbagai jenis tumbuhan.

“Ada 395 mantra dan jampi, serta 300 spesies tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional Batak, melalui Martup dan Oukup ini,” jelas Rusmin.

Pengobatan Martup dan Oukup digunakan untuk semua jenis penyakit, antara lain akibat bakteri dan virus, penurunan fungsi tubuh, hingga patah tulang.

“Selain pengobatan, juga dilakukan beberapa ramuan obat untuk diminum yang mengambil dari salah satu jenis tanaman yang ada di tanah Batak,” ungkapnya.

Prof Rusmin mengatakan, “Pengobatan ini tidak langsung sembuh. Butuh waktu lama namun tidak menimbulkan efek samping”.

Di Gaya Spa yang telah berdiri sejak 24 tahun lalu, treatment Martup dan Oukup dari Etno Batak dikemas dengan empat langkah, yakni foot spa, body scrub dan body massage, serta body steam (penguapan).

“Oukup memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, yang langsung dapat dirasakan oleh tubuh seperti melonggarkan pernafasan, mengeluarkan angin dari tubuh, membuat tubuh berkeringat, rileks, dan segar,” ujar Marketing Gaya Spa, Irmawati.

Sedangkan Oukup, dalam jangka pendek menurutnya dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan kualitas tidur.

Salah satu bagian ruangan spa yang ditawarkan Gaya Spa. (Foto Evi)
Salah satu bagian ruangan spa yang ditawarkan Gaya Spa. (Foto Evi)

Irmawati menambahkan, “Untuk jangka panjangnya, Oukup dapat menetralkan darah dan membantu menyembuhkan berberapa penyakit dan meremajakan kulit”.

Di Gaya Spa Wellnes, gaya Martup Batak ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp689.000 terdiri dari footbath, body compress, body scrub, body bath, body steam, body massage, shampoo & blow, gift product, dan diberikan minuman ginger tea dan mix fruit pudding. Waktu spa selama 140 menit.

Untuk Martub Batak dengan harga Rp899.000 pengunjung dapat merasakan treatment sama seperti diatas, hanya saja beda waktunya lebih lama, yakni 200 menit ditambah ada treatment Batak hair & scalp treatment. (evi)

LEAVE A REPLY