Meletus Setiap 20 Menit, Lembata NTT Tawarkan Wisata Lava

0
158
Wisata lava di Lembata NTT (foto: www.indahnyalembata.tk)

KUPANG, Bisniswisata.co.id: Gunung Ile Batu Tara atau Gunung Batu Tara di Pulau Komba Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi gunung teraneh, unik dan menarik di Indonesia bahkan di dunia. Buktinya, Gunung Ile Batu Tara rajin meletus setiap 20 menit sekali dan dalam interval nyaris tetap.

Keunikan yang dimiliki Gunung Ile batu Tara Ini layak dijadikan daya tarik lava tour atau wisata lava sembari menyaksikan aktivitas gunung berapi tersebut yang pantas ditawarkan wisatawan nusantara maupun mancanegaram, papar Wakil Bupati Lembata NTT Thomas Ola Langoday di Lembata.

Thomas melanjutkan etusan disertai lahar panas pijar membara membentuk bunga api yang indah disertai tsunami kecil tetapi tidak membahayakan dan dapat disaksikan dari jarak 20 meter. “Karena keunikannya, Ile Batu Tara masuk dalam 14 gunung api di Indonesia yang diikutsertakan dalam vote Anugrah Pesona Indonesia (API) 2017 untuk kategori Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot)

Gunung Batu Tara masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Lembata. Gunung ini berada di Pulau Komba. Gunung ini terletak di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata. Aktivitas letusan Ile Batu Tara berlangsung sepanjang hari tanpa henti, sehingga bisa menjadi objek wisata yang menarik.

Menurut dia, paling indah aktivitas Ile Batu Tara ini disaksikan pada malam hari, terutama di saat magrib dan subuh. Untuk menyaksikan keindahan Ile Batu Tara, para pengunjung bisa menggunakan kapal cepat dari Lembata dengan menempuh perjalanan sekitar 90 menit.

Ile Batu Tara merupakan salah satu dari tiga gunung api di dunia dengan keunikan yang sama yakni satu di Sisilia dan satunya di Atlantik. Karena itu, Thomas mengajak wisatawan domestik untuk menjadi orang pertama yang mengunjungi dan menikmati keajaikan Ile Batu Tara sebelum wisatawan mancanegara menikmatinya.

Bukan hanya wisata lava, ternyata Lembata NTT memiliki potensi wisata yang cukup indah. Ada tempat wisata yang ngehit dan sudah dikenal wisatawan. Destinasi Wisata di Lembata itu antara lain:

# . Pulau Pasir Putih Awelolong
Pulau kecil yang indah dan berpasir putih di dalam laut depan kota Lewoleba. Awololo atau Awelolong hanya muncul pada saat terjadi air surut. Pada saat surut para pengunjung dapat memperoleh siput / kerang dengan cara menggali pasir. Keseluruhan Pulau tersebut mengandung berbagai jenis siput.

# Pantai Pasir Putih Waijarang
Pantai rekreasi ini di Desa Waijarang kurang lebih 10 km dari Lewoleba. Keindahan panorama pantai didukung pemandangan bukit yang indah dan selat Boleng yang sempit. Hutan bakau juga menyajikan pesona hijau yang serasi dengan laut biru.

# Sumber Air Panas Sabu Tobo
Sumber Air Panas Sabu Tobo terletak di Desa Ile Boli, Kecamatan Nagawutung. Tepatnya diantara Dusun Belane dan Bata. Disana terdapat hutan tropis yang didalamnya mengalir sungai Sabu Tobo yang jernih dan sejuk. Kurang lebih 200 meter dari jalan, pengunjung dapat menemukan sumber mata air panas yang keluar dari tebing sungai sebelah barat melalui akar-akar pohon sebanyak 4 mata air panas.

# Dapur Alam – Karun Watuwawer
Tanah di Desa Atakore Kecamatan Atadei merupakan tanah vulkanis yang memunculkan gas bumi berupa uap-uap panas yang berkekuatan cukup besar. Keistimewaan dari sumber gas ini ialah digunakan oleh masyarakat lokal sebagai dapur alam. Mereka membuat lubang-lubang kecil kemudian memasukkan berbagai jenis makanan seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, jagung muda, sukun dan lain-lain.

# Penangkapan Ikan Paus di Desa Lamalera
Lamalera terletak di Kecamatan Wulandoni yang terdiri dari 2 sub desa yaitu : Desa Lamalera A dan Lamalera B. Di desa Lamalera ini pengunjung dapat menikmati obyek wisata budaya dan bahari yakni perburuan ikan paus secara tradisional yang hanya mempergunakan peralatan tradisional seperti peledang (perahu kayu tanpa mesin tetapi dengan menggunakan layar) dan tempuling (tombak yang ujungnya berkait yang terbuat dari baja) yang digunakan untuk menikam ikan paus.

# Rumah Adat dan Ritus Pesta Kacang Jontona
Jontona terletak di Kecamatan Ile Ape. Dari Jontana tepatnya di Dusun Lewohala yang terletak di ketinggian Gunung Ile Ape terdapat kampung tua dengan kompleks rumah adat dimana masing-masing mempunyai kelengkapan untuk upacara adat seperti keramik dan gading.
Disini setiap tahunnya pada bulan September selalu diadakan upacara adat Sora Utan dan Pesta Makan Kacang yang unik yang terpusat pada rumah-rumah adat. Selama upacara pesta kacang, pengunjung dapat menikmati atraksi-atraksi budaya dan tarian-tarian tradisional.
Disamping itu pengunjung juga dapat menyaksikan hasil tenun ikat tradisional Ile Ape serta melakukan hiking dari Desa Jontana menuju Kampung Lewolaha untuk menikmati panorama laut dari Gunung Vulkanis Ile Ape.

# Air Terjun Atawuwur
Dalam perjalanan wisata (tour) ke Lamalera wisatawan dapat mengadakan stop over (persinggahan sementara) di desa Atawuwur. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun alami dengan ketinggian mencapai 30 meter, dengan panorama alam sekitar yang sejuk dan indah. (*/BBS)

LEAVE A REPLY