Mei 2016, Grafik Kunjungan Wisman Ke Sumbar Naik

0
790
Rumah gadang (Foto: ww.halhalal.com)

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat (Sumbar) mencatatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi daerah Sumbar per Mei 2016 mengalami grafik kenaikan sebesar 19,47% dibandingkan bulan April 2016.

“Ada 4.858 wisman yang datang ke Sumbar pada bulan Mei atau meningkat 19,47% dari bulan April, ini cukup mengembirakan dan harus ditingkatkan lagi dengan berbagai langkah startegis,” papar Kepala BPS Sumbar Dody Herlando di Padang, Sabtu (2/6/2016).

Menurutnya, peningkatan itu baru berkontribusi 0,56% terhadap total kunjungan wisman ke Tanah Air yang mencapai 872.534 orang. Masih rendahnya kontribusi disebabkan minimnya penerbangan langsung dari Padang menuju mancanegara dan sebaliknya. Saat ini, satu-satunya maskapai yang melayani rute internasional adalah Air Asia tujuan Padang – Kuala Lumpur.

Dia meyakini dengan kian giatnya pemerintah daerah mendorong pengembangan pariwisata setempat, berpeluang meningkatkan kunjungan wisman ke Sumbar. Apalagi sejumlah event internasional juga digelar, seperti Tour de Singkarak 2016 pada Agustus mendatang.

Adapun, per Mei 2016, kunjungan wisman ke daerah itu masih didominasi wisatawan asal Malaysia sebanyak 3.377 orang, Australia 198 orang, Perancis 70 orang, Inggris 32 orang, Amerika Serikat 27 orang, China 20 orang, dan Singapura 15 orang.

Jumlah tersebut, merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan pelabuhan Teluk Bayur. “Artinya, wisman yang masuk Sumbar lewat Jakarta, Medan atau Batam tidak dihitung lagi,” katanya. (*/BIO)

LEAVE A REPLY