MEA 2015, Pariwisata Indonesia Siap Bersaing Jaring Wisatawan

0
1595

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, tinggal menghitung hari. Bagaimana kesiapan industri pariwisata Indonesia? “Bangsa Indonesia sudah siap untuk menghadapi MEA 2015, siap untuk bersaing dalam menjaring wisatawan. Salah satu upaya adalah dengan mendirikan Markplus Center for Tourism and Hospitality Bali,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (8/11).

Ia mengatakan, pendirian Markplus di Pulau Dewata itu karena Pulau Dewata merupakan gerbang pariwisata di Indonesia. “Wajar kalau itu kita dirikan di Bali, bahkan berbagai kegiatan berskala internasional lebih mengutamakan tempat di Pulau Dewata,” ucapnya.

Menpar Arief meyakinkan bahwa hal tersebut merupakan upaya menciptakan wadah sebagai pusat pengembangan bisnis, khusus untuk industri pariwisata dan hospitaliti yang berfokus pada peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), pendalaman industri melalui penelitian yang konprehensif.

Lebih lanjut Arief mengatakan, saat MEA 2015 sudah tentu hampir semua peta perindustrian termasuk pariwisata akan berubah. “Kita harus siap dan berani menghadapi tantangan era globalisasi, karena butuh keyakinan dan kerja keras,” ucapnya seperti dilansir laman Antara, Ahad (9/11/2014).

Hermawan Kartajaya, Founder and Ceo Markplus, Inc menyebutkan bahwa dengan adanya Markplus Center for Tourism and Hospitality diharapkan pemain industri pariwisata di Indonesia dapat melakukan pemasaran lebih luas. “Kita harus mampu tampil dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas pariwisata, serta hospitality secara nasional,” katanya. ***

LEAVE A REPLY