Mangente Ambon, Cara Maluku Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

0
1491
Monumen-Patung-Martha-Christina-di-Ambon

AMBON, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon fokus menyiapkan pelbagai kegiatan guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke ibu kota Provinsi Maluku. Kini fokus mengembangkan dan menyiapkan berbagai even untuk mendatangkan para wisatawan nusantara dan mancanegara di Kota Ambon, melalui program Mangente Ambon atau datang dan kunjungi Ambon.

“Memang mewujudkan Ambon sebagai destinasi wisata di Indonesia, tidaklah mudah karena membutuhkan peran serta seluruh stakeholder serta fasilitas penunjang pariwisata. karena itu kita terus mulai berbenah dalam mempersiapkan Ambon menjadi kota tujuan wisata di wilayah timur Indonesia,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Henry Sopacua di Ambon, Rabu (16/09/2015).

Henry mengatakan, pihaknya berupaya menyiapkan berbagai kegiatan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Pelbagai kegiatan dilakukan, seperti program mangente (datang dan kunjungi) Ambon tahun 2015 merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Program mangente Ambon dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2015, ditunjang kegiatan Pesta Paduan Suara gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional yang akan digelar di Ambon Oktober 2015, merupakan langkah yang baik,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan bersifat seni budaya khusunya musik, tarian dan alat musik, selain itu kegiatan sosial dan pemerintahan. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan lanjutnya, berdampak pada pengembangan kawasan wisata, kuliner, industri dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Penetapan Ambon sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tingkat nasional memberikan dampak yang baik, karena dari kegiatan seperti inilah banyak orang yang datang ke Ambon untuk menikmati wisata alam, bahari dan budaya,” ujarnya.

Henry mengakui, kunjungan wisatawan nusantara masih dominan dibandingkan mancanegara. Hal ini dikarenakan perspektif kunjungan ke Ambon jika ada even karena itu pihaknya berupaya akan melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Data Dinas Pariwisata Ambon hingga awal September jumlah kunjungan wisatawan ke Ambon mengalami peningkatan. Wisatawan nusantara mencapai 8.000 sedangkan mancanegara sebanyak 3.000 orang. “Data yang dihimpun masih bersifat sementara dan diprediksikan hingga akhir tahun jumlah kunjungan akan terus mengalami peningkatan, seiring berbagai kegiatan yang akan terus dilaksanakan hingga Desember 2015,” ujarnya seperti diunduh laman Antara.

Tercatat beberapa tempat wisata di Ambon yang kerap didatangi wisatawan yaitu:

1. Pulau Pombo

Di tempat wisata ini disambut pemandangan alam yang menakjubkan dan menikmati wisata laut, Juga pemandangan bawah laut dengan air yang jernih, diikuti pesona terumbu karang yang indah. Pulau yang masih jarang disentuh manusia ini hanya memiliki luas 4 kilometer persegi.

2. Monumen Patung Martha Christina

Monumen ini didirikan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa pahlawan wanita dari Ambon, Martha Christina Tiahahu. Bagi yang tertarik melakukan wisata budaya, monumen ini dapat menjadi alternatif pilihan wisata. Monumen ini terletak di bukit Karang Panjang, terlihat jelas dari pusat Kota Ambon.

3. Pantai Lelisa

Wisata pantai memiliki keindahan pantai luar biasa. Udaranya bersih, sejuk juga letak pantai sangat dekat dengan Pantai Santai dan Pantai Namalatu. Di Pantai Lelisa disuguhi pemandangan batu karang yang berjejer hingga ke tepi pantai, pemandangan ini akan semakin jelas terlihat jika air laut sedang surut.

4. Masjid Wapaue

Inilah wisata religi di Ambon. Masjid Wapaue di dekat Gunung Wawane sebelah utara Kota Ambon, memang sudah cukup tua karena dibangun sejak tahun 1414. Ada nilai sejarah Islam di kota Maluku Ambon.

5. Pantai Felawatu

Jika anda tidak cukup puas dengan pantai Lelisa, anda juga dapat memasukkan pantai Felawatu sebagai salah satu tujuan wisata anda. Pantai ini terletak sekitar 15 km dari pusat kota Ambon ke arah selatan ke desa Latulahat. Pantai ini pun akan membuat anda merasa rileks dengan pemandangan alam yang mengesankan.

6. Pantai Pintu Kota

Satu lagi pantai yang cukup unik di Kota Ambon adalah Pantai Pintu Kota. Pantai ini dikenal unik karena di pantai ini anda bisa menyaksikan tebing terjal batu karang yang berlobang di tengahnya, mirip seperti gapura (pintu masuk). Pantai ini memang banyak sekali batu karang, sedikit sekali anda bisa menjumpai pasir pantai di sini. Tapi hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri Pantai Pintu Kota ini.

7. Monumen Pattimura

Tempat wisata ini dibangun untuk menghormati jasa pahlawan nasional dari Maluku yaitu Thomas Matulessy. Monumen ini dibangun tepat dekat dengan lapangan olahraga, dan saat ini memang cukup ramai dengan pengunjung. Tertarik untuk melakukan wisata budaya? Tidak ada salahnya jika anda menyempatkan waktu untuk singgah ke monumen ini. . (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.