Maluku Genjot Kunjungan Wisatawan Lewat Balap Sepeda

0
231
Ora Beach Maluku Utara

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Tak ingin tertinggal dengan daerah lain, Maluku menggenjot kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara (wisman) melalui balap sepeda kelas dunia. Tour de Molvccas (TdM) 2017, namanya. Ajang balap sepeda yang diakui Union Cycliste Internationale (UCI) atau federasi sepeda dunia akan berlangsung 18-22 September 2017.

“Dengan ajang balap sepeda internasional ini, nama Maluku semakin mendunia. Sekaligus bisa mengangkat kembali kejayaan Maluku yang pernah meleganda dengan hasil rempah-rempahnya masa lalu, kini terangkat kembali melalui sport tourism,” papar Gubernur Maluku Said Assagaf disela-sela launching Tour de Molvccas 2017 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (10/5) malam.

Melalui TdM 2017 ini, sambung Assagaf, kegiatan olahraga berbasis pariwisata dapat menjadi kegiatan strategis untuk mempromosikan pariwisata Maluku baik di tingkat nasional maupun internasional. Dan balap sepeda ini akan menjadi agenda tetap tahunan, bahkan tiap tahun akan ditingkatkan kualitasnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

“Memang, lomba balap sepeda memiliki daya pikat tinggi dalam mengangkat wisata, karena menciptakan eksposur media yang besar dan dapat mengundang minat untuk mengunjungi tempat-tempat dilalui lomba yang akan melintasi 3 kabupaten dan 1 kota madya di wilayah Maluku,” kata Assagaf.

Diakuinya, potensi pariwisata Maluku yang bertumpu pada daya tarik alam terutama wisata bahari, budaya, kuliner, alam dan wisata buatan terus ditingkatkan dengan memperkuat daya saing melalui unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) yang dampaknya akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sepanjang tahun 2016, kunjungan wisatawan ke Maluku sebanyak 137.590 wisatawan terdiri 15.015 wisman dan 122.575 wisnus. Dengan event balap sepeda ditargetkan meningkat 100 persen. “Kami optimis target itu, tercapai karena promosi wisata terus digencarkan, juga kami akan banyak membuat event-event untuk mendukung kegiatan pariwisata,” tambahnya.

Menurutnya, Maluku sangat kaya dengan berbagai obyek wisata yang sangat menarik, unik serta spektakuler. Sehingga perlu dikembangkan dan dipromosikan secara maksimal. Maluku kini mengandalkan pariwisata untuk meningkatkan taraf hidup rakyat sekaligus meningkatkan devisa negara.

“Nah, sport tourism atau wisata olahraga kini menjadi andalan baru bagi Maluku. Apalagi rute yang dilalui sangat atraktif mulai pantai, kawasan wisata sejarah, pemandangan alam yang masih original dan tentunya kuliner Maluku menjadi pelengkapnya. Selain itu, keramahtamahan masyarakat Maluku menjadi kunci utama,” tambahnya.

Gubernur Assagaff menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya dan jajarannya yang telah mendukung TdM secara menyeluruh termasuk acara peluncuran hari ini. “Kami sangat menghargai dukungan dari berbagai pihak karena pariwisata (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Jadi Rajagukguk, sejumlah tokoh Maluku di Jakarta dan tamu undangan lainnya.

Tour de Molvccas 2017 akan melintasi 3 kabupaten dan 1 kotamadya yang terbagi atas 5 etape, berawal dari Piru sampai Ambon bertotal jarak 770.3 km, dengan melalui Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Pulau Seram dan berakhir di Pulau Ambon. Pemprov Maluku, Pemkot Ambon, Pemkab SBB, Pemkab Malteng dan Pemkab SBT akan bekerja sama menyelenggarakan dan menyukseskan Tour de Molvccas 2017.

Data yang dihimpun Bisniswisata.co.id, ada 10 destinasi wisata di Maluku yang paling terindah bahkan terkenal kerap dikunjungi wisatawan.

01. Kepulauan Kei

Kepulauan Kai merupakan destinasi wisata di Maluku pertama yang di rekomendasikan. Memiliki lebih dari 250 pulau dengan pulau utama yakni Nuhu Roa, Dullah dan Kei besar. Kepulauan Kei adalah tempat wisata di Maluku dengan panorama alam dan bawah laut yang menawan. Selain itu, anda akan menemui beberapa desa dengan adat yang masih sangat terasa dengan burung-burung unik karena Kei merupakan habitat asli burung.

02. Pulau Seram

Pulau Seram adalah pulau terbesar kedua di Maluku. Karena masih belum terlalu di jamah oleh manusia, Pulau Seram memiliki alam yang masih sangat asli, tidak heran jika anda menemukan hewan-hewan unik di pulau ini terutama burung. Pulau Seram pantas menjadi tempat wisata di Maluku terbaik.

03. Kota Ambon

Ambon sebagai ibu kota dari Maluku ternyata juga menjadi tempat wisata di Maluku paling ramai di kunjungi. Sedikit sejarah kota ambon, sebelum terjadi perang dunia ke-2, Ambon terkenal dengan bangunannya yang sangat indah jadi sangat di sayangkan bangunan-bangunan tersebut hancur saat perang dunia ke-2. Salah satu objek wisata di kota Ambon yang terkenal adalah Museum Siwa Lima dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, jika anda berada di Ambon maka sempatkan lah diri anda untuk berkunjung ke objek wisata di Ambon sebelum mencoba wisata di luar Ambon.

04. Waai

Waai adalah suatu kawasan dengan pemandangan sekelilingnya yang indah. Waai juga memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang bening. Selain itu, kawasan yang berada di timur pulau Ambon ini memiliki sebuah objek wisata yaitu Waiselaka, sebuah perairan habitat dari banyak Belut. Para warga setempat berkata, melihat satu ekor Belut saja maka keberuntungan milik anda. Anda dapat memberikan makan telur untuk memancing kepermukaan air para belut.

05. Taman Natsepa Indah

Taman hiburan dan rekreasi ini terletak di Teluk Baguala tepatnya di Natsepa. Natsepa memiliki pemandagan pantai dan laut yang indah, air laut yang tenang dengan suasana segar membuat Natsepa cocok menjadi tempat wisata di Maluku untuk melakukan aktivitas tracking, diving dan swimming. Taman Natsepa juga merupakan destinasi wisata di Maluku paling ramai di kunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.

06. Pantai Jahipolong dan Pantai Jikumerasa

Pantai ini menjadi tempat wisata di Maluku dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona. Jika anda sedang berada di Namlea, jarak ke pantai Jahpolong sekitar 17 kilometer dari Namlea. Ada juga Pantai Jikumerasa yang tidak bedah jauh dengan keindahaan Pantai Jahipolong.

07. Pulau Saparua

Destinasi wisata ini berada di Kepulauan Lease yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah. Selain menjadi tempat wisata di Maluku terpopuler, pulau Saparua memiliki sejarah yang penting seperti merupakan tempat kelahiran pahlawan Indonesia Pattimura dan Benteng Duursteda juga dikenal sebagai objek wisata di pulau ini dengan sejarahnya sendiri yaitu sebagai benteng pertahanan milik Belanda yang dibangun pada tahun 1676 silam. Tidak hanya itu, pulau Saparua masih memiliki banyak peninggalan sejarah, sebut saja pantai Waisisil selain menjadi tempat wisata juga menjadi tempat bersejarah di mana pantai itu merupakan lokasi perang antara Pattimura dengan pasukan Belanda dulu.

08. Bandaneira

Bandaneira adalah nama kota sekaligus satu-satunya kota yang berada di Kepulauan Banda. Banda memiliki banyak tempat wisata yang indah, salah satunya adalah kotanya sendiri yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak hanya sukses mengambil perhatian di darat, Bandaneira juga memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Juga merupakan objek wisata di Maluku paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dengan sejarah kota yang begitu dalam.

09. Soya Atas

Soya Atas adalah sebuah kawasan dengan peradaban yang sudah begitu lama membuat para wisatawan lokal dan asing menandai Soya Atas sebagai tempat yang wajib di kunjungi. Destinasi obyek wisata di Maluku ini memiliki sebuah bangunan tua bersejarah yaitu Gereja yang terletak di kaki Gunung Sirimau yang telah berdiri sejak tahun 1546. Memang pantas di nobatkan menjadi tempat wisata di Maluku bersejarah.

10. Danau Rana

Tempat wisata di Maluku terfavorit selanjutnya adalah Danau Rana yang terletak di Pulau Buru dengan keindahan alam darat dan laut yang luar biasa indah. Para warga setempat percaya akan kekuatan sihir yang ada pada Pulau Buru dan sudah di percaya turun temurun. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY