Majesty Motorhome, cara berwisata baru menikmati keindahan Belitung Timur

0
2673
Nugroho Setio, pemilik Majesty Motorhome ( kiri) bersama Basuri Tjahaja Purnama (kanan), Bupati Belitung Timur menikmati ruang dalam mobil wisata yang menjadi alat transportasi sekaligus hotel berjalan. (foto: Hilda Sabri Sulistyo)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja termasuk dari anak sendiri. Hal inilah yang dialami oleh Nugroho Setio, penggagas dan pemilik Majesty Motorhome, mobil yang dirancang khusus dengan menggabungkan fungsi transportasi dan tempat tinggal alias hotel berjalan.

“Waktu itu anak gadis saya sekolah di New Zealand dan saat liburan sekolah kami sekeluarga mengunjunginya dan berwisata dengan menggunakan motorhome. Di New Zealand, satu perusahaan penyewaan memiliki ribuan motorhome dan setelah kami coba sekeluarga anak-anak senang sekali dengan pengalamannya itu,” kata Nugroho Setio didampingi Basuri Tjahaya Purnama, Bupati Belitung Timur, pekan lalu.

Dia mengaku sangat tersentuh hatinya ketika putrinya mengatakan pengalaman berwisata dengan motorhome memberikan kualitas kebersamaan yang sangat kental dan berkesan baginya ketika berlibur bersama keluarga. Hal itulah yang mendorong Nugroho ingin berbagi pengalaman tersebut dengan masyarakat Indonesia.

Kedekatan dengan semua anggota keluarga sambil menikmati keindahan ciptaan tuhan menjadi perpaduan yang pas bagi Nugroho untuk menawarkan konsep wisata berbasis transportasi bernama Majesty Motorhome dengan memilih lokasi Belitung Timur. Untuk pertama kalinya di Indonesia, dia memperkenalkan berwisata dengan sebuah mobil yang dirancang khusus sekaligus menjadi tempat tinggal selama berwisata.

“Konsep seperti ini sudah banyak ditemukan di Amerika dan Eropa. Indonesia memang belum ada culture seperti ini, tapi bisa dikembangkan buktinya begitu kita perkenalkan sudah banyak masyarakat mulai dari pejabat, artis, ekspatriat, komunitas serta wisatawan dari negara tetangga yang memanfaatkan jasa kami ,” kata Nugroho Setio, pemilik Majesty Motorhome.

Sebanyak 5 buah Majesty Motorhome yang dikelola oleh PT Mulia Anugerah Wisata telah melayani tamu yang datang ke Belitung Timur yang menjadi popular sejak adanya Film Laskar Pelangi pada 2010 yang mengambil lokasi di tengah keindahan alam provinsi Bangka Belitung.

 

majesty2

Seperti kendaraan roda empat pada umumnya dengan ukuran yang sedikit lebih besar, mobil ini dilengkapi dengan standard berkendaraan yang aman & nyaman, perbedaannya adalah mobil ini mempunyai ruang khusus untuk beristirahat dan beraktivitas bersama keluarga layaknya di dalam sebuah ruang kamar hotel.

Semua ini bisa dilakukan dengan mudah, hanya mengubah setting dari tempat duduk menjadi tempat tidur. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan TV, AC, dan kulkas. Mobil ini dapat dibawa oleh wisatawan mengikuti kemanapun tujuannya, dan pada malam hari dapat ditempatkan di sebuah camping ground yang dibangun khusus dengan fasilitas penunjang yang aman & nyaman untuk beristirahat, seperti kamar mandi eksklusif, taman, area bermain, area memancing .

“Pokoknya moda transportasi wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang punya jiwa petualangan atau bagi keluarga dan grup komunitas yang menginginkan suasana berbeda dalam menikmati liburan,” kata Nugroho, pengusaha asal Yogyakarta.

Kendaraan,ujarnya, bisa mengakomodasi untuk empat orang tetapi ada yang minta untuk dihuni 6 orang sehingga pihaknya menambahkan dengan kemah yang menyatu dengan mobil dan tetap ber AC sehingga udara sejuk, jelasnya.

Majesty Motorhome memiliki komitmen memberikan nuansa baru dalam pariwisata Indonesia dan berkomitmen penuh terhadap kemajuan pariwisata & ekonomi di Belitung Timur . Oleh karena itu pihaknya juga memanfaatkan sumber daya manusia setempat dengan menawarkan pelayanan dan hospitality yang khas.

“Kami menghadirkan Motorhome sebagai komitmen kami dalam membangun dan memajukan pariwisata di Belitung Timur, bukan hanya untuk kepentingan bisnis semata. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah Belitung Timur yang amat terbuka pada para investor termasuk mendukung kehadiran Motorhome ini,” kata Nugroho Setio.

Hal itu dibuktikannya dengan memberikan tarif-tarif khusus bagi pelajar agar dapat menikmati Motorhome bersama teman sebayanya dalam paket Youth Fun tour in Belitung. Selain itu paket yang sudah dipasarkan adalah untuk tiga hari dua malam mulai harga Rp 4,5 juta-Rp 7,7juta

Suasana ruang dalam Majesty Motorhome ( foto: Majesty)
Suasana ruang dalam Majesty Motorhome ( foto: Majesty)

Sejak tiba di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin, Belitung, wisatawan yang memesan paket wisata Majesty Motorhome ini sudah dijemput oleh supir dan bisa langsung menikmati kendaraan dan menuju titik-titik obyek wisata karena paket memberikan tiga special tour.

“Jadi kalau tiba di Belitung jam 8.00 pagi ya langsung masuk ke Motorhome, kalau ke hotel musti tunggu sampai jam check-out tamu-tamu sebelumnya bisa jam 12.00 atau bahkan menunggu sampai jam 14.00. Inilah salah satu kelebihan Majesty,” kata Nugroho Setio sambil menambahkan Belitung tahun ini akan didukung 10 mobil.

Untuk kedepannya, Majesty Motorhome juga akan hadir di Bali & Yogyakarta pada akhir tahun ini, dan kemudian akan menyusul juga di beberapa kota/daerah lainnya di Indonesia.Namun untuk Bali, wisatawan bisa langsung mengendarai mobil sendiri sehingga privacy lebih terjaga bagi mereka yang ingin berbulan madu (honeymooner).

Sementara untuk di Jogyakarta selain kehadiran Majesty Motorhome juga akan hadir mobil-mobil replica mobil kuno yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk bernostalgia ke gedung-grdung bersejarah dan obyek wisata lainnya.

Kehadiran Majesty Motorhome diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Belitung Timur yang berdampak pada kemajuan daerah dan ekonomi masyarakatnya. Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama merespon dengan baik keberadaan Majesty Motorhome di wilayahnya.

“Kami sangat mengapresiasi wahana wisata Majesty Motorhome yang pertama kalinya ada di Belitung Timur ini. Tentunya, kami sebagai pemerintah setempat akan terus mendukung, memberi masukkan dan bekerjasama dengan baik.” tandasnya  Basuri.

Saat ini telah ada 5 unit Motorhome yang telah beroperasi di Belitung Timur dan akan terus ditambah mengingat permintaan yang terus meningkat. Kakanya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta,bersama keluarganya yang juga sudah mencoba keunikan Motorhome ini dan memberikan dukungannya terhadap adanya wahana pariwisata baru di kampung halamannya ini.

“Majesty Motorhome akan terus berinovasi baik dalam peningkatan produk, fitur dan pelayanannya. Kami juga akan terus bersinergi dengan pemerintah Belitung Timur untuk terus menggali dan menciptakan potensi baru agar Belitung Timur dikenal dunia.” Kata Nugroho.

Dia optimistis pasarnya terbuka lebar baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Apalagi jumlah orang-orang asing yang ada di Indonesia juga banyak terutama dengan adanya 60 perusahaan minyak dan gas bumi asing yang aktif di Indonesia.

“Jika 10 persen saja ekspatriat memilih week-end di Belitung Timur sudah ada 600 orang. Belum lagi keluarga mereka,” kata dia sambil menambahkan potensi wisatawan mancanegara asal negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia juga besar.

Hanya saja untuk wisatawan mancanegara, untuk di Belitung Timur dibutuhkan infrastruktur tambahan seperti bandara internasional agar wisatawan tidak perlu transit lebih dulu ke Jakarta. Kalau sudah ada bandara internasional pihaknya bisa membuat paket B4 yaitu Bangka, Belitung, Bandung dan Bali untuk menjaring wisatawan mancanegara,ungkapnya mengakhiri obrolan. ( hildasabri@yahoo.com)

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.