Mahasiswa UGM Studi Banding Wisata Panas Bumi di Tomohon

0
115
Panas bumi di Tomohon

TOMOHON, Bisniswisata.co.id: UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) menerjunkan 55 mahasiswa melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga studi banding potensi pariwisata panas bumi di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Dosen Pembimbing KKN Pri Utami, tema KKN dan Pembelajaran Pemberdayaan, Masyarakat mahasiswa UGM yakni pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan dan Optimalisasi Pemanfaatan Potensi serta Pengembangan Pariwisata Panas Bumi di Sulawesi Utara.

“Tema tersebut dipilih karena UGM melihat bahwa Sulawesi Utara memiliki potensi panas bumi yang besar yang terletak pada bentang alam yang indah, tetapi pariwisata panas buminya belum berkembang. Untuk itu diperlukan pertemuan untuk membangun sinergi dari pemerintah, pengelola pariwisata, perusahaan dan masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterma, Minggu (18/6/2017).

Tim KKN-PPM UGM 2017 menyelenggarakan geothermal workshop pada hari Kamis, 15 Juni 2017 bertempat di Gedung Serba Guna PT. Pertamina Geothermal Energy (PT. PGE) Area Lahendong dengan tema “Pengembangan Pariwisata Berbasis Potensi Panas Bumi di Sulawesi Utara.

Workshop diadakan dengan maksud mensosialisasikan tentang regulasi pemanfaatan potensi panas bumi di Indonesia, regulasi pengelolaan lingkungan panas bumi, serta peluang pemanfaatan potensi panas bumi untuk pariwisata.

Obyek-obyek wisata dan pendidikan yang menarik di sekitar Lapangan Panas Bumi Lahendong adalah Danau Linou, Taman Pendidikan Panas Bumi, Lembah Pinus Lahendong, Manifestasi di daerah perbatasan dengan Desa Leilem, sumur-sumur Panas Bumi, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Pabrik Gula Aren Masarang serta Fasilitas Pengeringan Produk Pertanian.

Demikian juga arti penting Lapangan Panas Bumi dan hadirnya Taman Pendidikan Panas Bumi (TPPB) Lahendong, berperan sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap sarana untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan alam.

Taman ini berfungsi sebagai sarana untuk menginspirasi masyarakat berinovasi mengembangkan Ekonomi Kreatif berbasis Panas Bumi. TPPB ini, merupakan sebuah obyek wisata yang unik dan menarik yang mampu meningkatkan daya tarik sektor pariwisata di Kota Tomohon dan di Sulawesi Utara.

Disamping itu TPPB ini diharapkan dapat menjadi pusat penelitian bagi penelitian berbagai bidang ilmu di Sulawesi Utara seperti yang disampaikan Ir. Pri Utami MSc Ph.D selaku Kepala Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknis Universitas Gadjah Mada, yang banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan ketahanan energi melalui Energi Panas Bumi bagi kemanusiaan.

Dengan pelaksanaan Festival Panas Bumi ke-II pada Tahun 2016 dan hadirnya TPPB yang akan terus di kembangkan pada tahun ini, diharapkan akan mewujudkan lingkungan binaan panas bumi yang berdapak pada ketahanan energy, kelestarian alam, pariwisata edukatif dan ekonomi kreatif. Sebagai penggerak sektor-sektor usaha seperti IKM berbasis SDA, IKM Kreatif, Usaha Wisata, dan Pendidikan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY