Lukisan Mona Lisa Berkumis Laku Rp10 Miliar

0
30
Lukisan asli Mona Lisa saat dilelang

PERANCIS, BISNISWISATA.CO.ID: Mona Lisa bukan hanya membawa keuntungan bagi Leonardo da Vinci, melainkan juga Marcel Duchamp. Reproduksi Mona Lisa karya Duchamp, di mana ia menambahkan berewok dan kumis, terjual US$750 ribu atau setara dengan Rp10 miliar.

Diberitakan AFP, Senin (23/10/2017) lukisan itu termasuk dalam koleksi karya surrealis yang dimiliki Arthur Brandt, seorang kolektor asal Amerika. Terdapat 110 barang yang dilelang, salah satunya lukisan ‘Mona Lisa berkumis.’

Total barang yang terjual mencapai 3,9 juta euro, atau Rp61,9 miliar. Itu saja masih ada beberapa koleksi yang tidak mendapatkan pembeli, seperti peninggalan Francis Picabia. Padahal lukisan itu diprediksi terjual 700 ribu euro atau Rp11 miliar sendiri.

Lukisan Mona Lisa hasil reproduksi Duchamp berjudul L.H.O.O.Q. Jika dibaca dalam bahasa Perancis, itu akan berjudul “elle a chaud au cul,” yang artinya “dia terangsang.” Versi yang terjual pada Sabtu (21/10) itu dibuat pada 1964.

Karya Duchamp lainnya yang terjual dalam pelelangan yang sama adalah “Boite-en-valise” atau “Kotak dalam Koper.” Karya itu terjual dengan harga 319.500 euro atau Rp5 miliar, jauh melebihi ekspektasi.

Sebuah lukisan karya seniman Swiss, Kurt Seligmann yang berjudul “Buste d’homme” terjual 181.250 euro atau Rp2,8 miliar. Sementara “The Lovers” yang merupakan karya seniman dan fotografer Man Ray terjual 81.250 euro atau Rp1,2 juta, jauh lebih tinggi dari ekspektasi. (*/AFP)

LEAVE A REPLY