Luar Biasa, Restoran Bersertifikat Halal Taiwan Lampaui Indonesia

0
293
Lebel Halal di Restoran Taiwan

TAIPE, Bisniswisata.co.id: Permintaan produk halal di Taiwan sudah sangat tinggi. Karenanya, lewat berbagai upaya, pemerintah Taiwan memiliki target tinggi untuk menjadi negara yang ramah terhadap Muslim.

“Pemerintah Taiwan memang sedang welcome terhadap Muslim, terutama dari wisata, demi menjadi Friendly Muslim Country,” kata CEO Sincung Halal for Taiwan, Sing Ying Lin alias Jill, seperti Dilansir dari Channelnewsasia, Rabu (14/6/2017).

Selama ini sertifikat halal di Taiwan banyak dikeluarkan dari Malaysia, tapi dirasa tidak seketat sertifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Maka itu, Jill menekankan Taiwan tengah berupaya agar produk-produknya bisa disertifikasi di MUI.

Jill mengungkapkan, saat ini sudah ada 46 resto bersertifikat halal di Taiwan, yang diinisiasi lewat program halal food dan halal tourism. Ia menilai, banyaknya resto halal itu dikarenakan kesadaran akan terbantunya pemasukan lewat bisnis halal. “Sekarang ada 46 resto yang sudah sertifikat halal, karena kita itu kebanyakan terbantu income dari tourism,” ujar Jill.

Angka itu melebihi resto bersertifikat halal di Indonesia, yang menurut Indonesia Halal Watch baru mencapai 33 resto. Sayang, lanjut Jill, jika banyak wisata mampu menarik pengunjung Muslim yang banyak, tapi mereka tidak nyaman misalkan saat mencari makan. “Saat ini saja, tenaga kerja Indonesia ada 250 ribu, belum termasuk mahasiswa,” kata Jill.

Kini, banyak restoran halal mudah ditemui oleh wisatawan Muslim di Taiwan. Restoran halal biasanya berada dekat dengan masjid. Restoran di dekat masjid dapat menjadi pilihan wisatawan Muslim untuk bersantap. Tetapi khusus restoran di dekat masjid Longgang biasanya lebih banyak menu berbumbu khas Thailand daripada rasa lain yang umum di Asia Tenggara.

Di Wilayah Da’an dekat Masjid Agung, wisatawan dapat mengunjungi restoran halal toko Sakura dan enjoy Kitchen yang berada di Roosevelt Road. Bahkan di sekitar Taipei banyak restoran bersertifikat halal yang menyediakan menu lokal.

Taiwan sangat terkenal dengan mie daging sapi. Wisatawan muslim dapat mencobanya tidak hanya di satu tempat saja untuk mengenyangkan perut. Restoran halal yang menyediakan mie daging sapi diantaranya restoran Chang Beef Noodle Soup di Yaning South Road dan retsoran muslim beef noodles yang terletak di jalan yang sama. Kedua restoran tersebut juga mematok harga yang sama.

Satu restoran halal lain adalah Ai Jia Qingzhen Beef Noodle Place yang terletak di Zhongxiao East Road. Restoran ini dikelola oleh Yusuf Ai. Dia menggunakan bumbu dan bahan masakan menggunakan herba dan dikenal dengan rasanya yang pedas.

Jika sedang berjalan-jalan di sekitar Landmark Taiwan, Taipei 101 dan merasa lapar, anda dapat berjalan menuju Xinyi Road. Restoran Dingxian 101 berada dekat dengan kantor pemerinta setempat. Restoran ini memiliki menu ramah muslim yang menawarkan enam set makanan khas Taiwan.

Wisatawan muslim juga dapat menikmati makan malam di Hui Guan. Daerah tersebut dikenal denga Dapurnya Cina Muslim yang memang dipimpin oleh juru masak etnis Hui Cina Muslim. Rempah-rempah yang digunakan berasal dari resep Ningxia. Restoran ini menyediakan bir Taiwan, daging sapi dan daging kambing.

Tempat makan lain yang dapat dikunjungi adalah restoran silks palace di Istana museum nasional. restoran ini memiliki dapur yang terpisah dengan ruang tamu untuk penyajian. Wisatawan dapat mengunjungi lorong-lorong museum sambil menunggu makanan datang. (*/ndik)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.