Lonely Planet: Busan Destinasi Terbaik Asia 2018

0
30
Busan Korsel

SEOUL, bisniswisata.co.id: Bagi kebanyakan pelancong, kenyamanan tempat dan harga menjadi pertimbangan utama saat berwisata. Kenyamanan berwisata bisa ditunjang berbagai aspek, mulai dari layanan penginapan, transportasi, hingga kuliner.

Dilansir Malay Mail, Selasa (10/7/2018), Kota Pelabuhan Busan, Korea Selatan kini menempati urutan teratas sebagai destinasi ‘Terbaik di Asia’. Busan menawarkan kegiatan eklektik, dari mulai mendaki ke kuil Budha, menikmari mata air panas, hingga pesta hidangan laut di pasar ikan terbesar di negara ini.

Busan dinobatkan sebagai tujuan terbaik di Asia 2018 oleh para ahli perjalanan di Lonely Planet. Kota ini dianggap piawai mengawinkan budaya dan kuliner. Untuk edisi ketiga daftar Terbaik di Asia Lonely Planet, editor mengumpulkan 10 tujuan yang layak dikunjungi selama 12 bulan ke depan, yang menjangkau Asia Timur, Selatan, dan Barat. Termasuk Indonesia.

Pada bulan Mei, Busan menyelenggarakan upacara pembukaan yang merayakan gelarnya sebagai East Asias Culture City 2018, sebagai bagian dari kesepakatan bersama antara Jepang, Cina, dan Korea. Setiap tahun, tiga kota dipilih untuk mempromosikan pengembangan seni dan budaya di kawasan ini. Busan berbagi gelar tahun ini dengan Harbin, Cina, dan Kanazawa di Jepang. Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul.

Uzbekistan menempati urutan kedua sebagai tujuan wisata di Asia. Dengan pemandangan masjid-masjid berbalut mosaik yang cantik, tahun lalu, negara itu mengumumkan skema bebas visa baru dan memperkenalkan rute udara baru dan ekstensi ke jalur kereta api berkecepatan tinggi. Ini tak terlepas dari upaya meningkatkan pariwisata internasional dan menarik wisatawan ke situs permata dan reruntuhan kuno di Uzbekistan.

Selanjutnya, Kota Ho Chi Minh di Vietnam yang menawarkan pengalaman belanja di butik-butik vintage, kedai kopi independen serta pabrik-pabrik inovatif yang mengubah kota menjadi megalopolis Asia yang ramai.

Sementara Indonesia berada diposisi sepuluh besar, dan Taman Nasional Komodo yang terpilih. Taman Nasional Komodo ini terletak di Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km². Tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya.

Terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

11 November 2011, New 7 Wonders mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain[2]. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak

Berikut 10 destinasi teratas dalam daftar Terbaik di Asia 2018 versi Lonely Planet:

1. Busan, Korea Selatan
2. Uzbekistan
3. Kota Ho Chi Minh, Vietnam
4. Ghats Barat, India
5. Nagasaki, Jepang

6. Chiang Mai, Thailand
7. Lumbini, Nepal
8. Teluk Arugam, Sri Lanka
9. Sichuan, Cina
10.Taman Nasional Komodo, Indonesia
(redaksi@bisniswisata.co.id)

LEAVE A REPLY