Lonely Planet: 10 Keajaiban Alam di Indonesia Wajib Dilihat

0
70
Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Lonely Planet, buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia mengeluarkan rangkuman 10 keajaiban alam di Indonesia yang perlu untuk dilihat, disaksikan dan dikunjungi.

Keajaiban alam Indonesia memang tidak kalah dengan keajaiban dan keindahan alam di luar negeri. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang menyimpan hasil lukisan tuhan yang masih murni. Sayangnya, wisatawan Indonesia lebih banyak melancong ke luar negeri ketimbang menikmati keajaiban alam di negerinya sendiri.

Hasil rangkuman Lonely Planet, yang berkantor pusat di Melbourne, Victoria, Australia membongkar Keajaiban Alam di Indonesia, antara lain:

1. Taman Nasional Komodo

Terlihat gersang tandus, Pulau Komodo berdiri terpisah dari pulau-pulau Indonesia lainnya yang lebih hijau, dan spesies Komodo yang masih hidup di pulau ini sangat terkenal juga dilindungi.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Pemantauan satwa liar dan petualangan sungai bergabung di taman seluas 4150 kilometer persegi ini. Perahu akan melintasi Sungai Sekoneyer dan berhenti di tempat makan orangutan dalam perjalanan menuju Camp Leakey, Sebuah pusat rehabilitasi di mana orangutan yang tidak memiliki orang tua dilatih untuk hidup di alam liar.

3. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat ini memang sedang menjadi destinasi wisata favorit, alamnya masih murni, air lautnya jernih dan bisa terus dieksplorasi tanpa memunculkan rasa bosan.

4. Gunung Bromo

Sepertinya keindahan Gunung Bromo memang pantas untuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang patut diperhitungkan. Terdapat kawah luas sepanjang 10 kilometer yang terbuat dari letusan api vulkanik kaldera Tengger juga menarik untuk dilihat. Apalagi, sunrise di puncak gunung selalu menjadi ‘sesuatu’ yang istimewa dan sayang untuk dilewatkan.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dan profil megah gunung ini mendominasi Lombok utara. Fitur terbaik Rinjani adalah danau biru kobalt seluas 6 km yang meliputi kaldera besar di puncak.

6. Danau Toba

Terletak di tengah puncak gunung berapi Sumatra utara pada ketinggian 1130 m, Danau Toba adalah bentuk daro kaldera gunung berapi super yang dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

7. Taman Nasional Kalimutu

Taman Nasional Kelimutu akan terlihat sangat cantik saat matahari terbit, uniknya ada tiga danau vulkanik yang berwarna-warni terletak di puncak Kelimutu di pulau timur Flores. Dan warna-warna ketiga danau itu suka berubah-ubah sesuai dengan perubahan zat mineral di dalamnya.

8. Lembah Harau

Destinasi Wisata ini mudah dicapai dari kota Bukittinggi, Sumatra, Lembah Harau dibatasi oleh tebing batu kapur yang menjulang setinggi 100 meter dan diperindah oleh air terjun yang ada di Lemba Harau.

9. Pulau Gunung Api Banda

Gununya berbentuk kerucut menyerupai Gunung Fujiyama Jepang, namun tingginya hanya 666 meter. Berada di Kepulauan Bangka menjadi salah satu gunung berapi terindah di Indonesia.

10. Pulau Menjangan

Pulau ini terletak tak jauh dari ujung barat laut Bali. Pulau Menjangan (‘Deer Island’) adalah salah satu lokasi paling mudah di Indonesia untuk para penyelam berpengalaman dan penggemar snorkeling berpetualang. Taman Nasional Bali Barat di sekitarnya memastikan perlindungan untuk dua belas lokasi penyelaman yang berbeda. Bagi penyelam yang berpengalaman, bangkai kapal Anker yang menakjubkan pada abad ke-19 terletak pada kedalaman yang menantang sekitar 50m. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY