Liburan Akhir Tahun, Permintaan Traveling ke Solo baru 20 Persen

0
46
keraton-kasunanan-solo

SOLO, Bisniswisata.co.id: Sejumlah agen perjalanan wisata di Kota Solo mengaku sejauh ini belum ada kenaikan permintaan perjalanan wisata atau traveling jelang liburan akhir tahun.

“Untuk rencana wisata di akhir tahun, yaitu tanggal 25 Desember 2017-2 Januari 2018 baru sekitar 20 persen,” kata pemilik Batari Kencana Tour and Travel Mirza Ananda di Solo, seperti dilansir laman Binis.com, Kamis (07/12/2017).

Berbeda dari tahun sebelumnya. Pada awal Desember tahun 2016 pemesanan sudah penuh, sehingga pihaknya sudah bisa mengatur permintaan pemesan, sambungnya.

Terkait situasi saat ini, pihaknya menilai kondisi perekonomian memberi pengaruh. Menurut dia, sebagian masyarakat berusaha menghemat pengeluaran dan masih melihat situasi. “Mungkin ada beberapa rencana juga benar-benar harus dipikirkan, jadi masih memikirkan kebutuhan primer dulu,” katanya.

Senada komentar itu, Pemilik Asih Tour KRAT Djuritno Yudohadinagoro mengatakan sejauh ini baru tiga grup dengan total 30 peserta yang menginginkan paket wisata ke Solo dan sekitarnya. “Mudah-mudahan nanti bisa lebih banyak lagi pemesan untuk perjalanan wisata libur akhir tahun,” katanya.

Ia berharap ke depan Kota Solo bisa bersinergi lebih baik lagi dengan daerah-daerah tetangga untuk menciptakan destinasi yang lebih mumpuni dan unggul. “Misalnya dengan membuat paket wisata, dengan begitu bukan hanya Solo yang menjadi destinasi wisata tetapi juga daerah sekitarnya,” tambah Djuritno.

Terdata Surakarta atau dikenal denga Solo dan sekitarnya ada lebih dari 64 destinasi wisata. Selain kulinernya, Solo juga terkenal budaya, batik, wisata sejarah, museum, keraton dan wisata buatan yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Solo.

Dari jumlah itu, hanya 10 destinasi wisata yang hits, ngetrend bahkan kerap disambangi wisatawan, antara lain:

# Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah tempat wisata di Solo yang murah meriah. Wisatawan sudah dapat berkeliling menikmati koleksi benda kono di museum, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Benda yang paling menarik yang dipamerkan di Keraton Surakarta menurut saya adalah kereta kencana.

# Grojogan Sewu Tawangmangu

Destinasi wisata di Solo kategori wisata alam ini, paling terkenal. Berada di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tidaklah jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

# Museum Manusia Purba Sangiran
Museum Manusia Purba Sangiran adalah sebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

# Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

# Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru adalah sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur.

# Tugu Lilin

Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

# Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.

# Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah alternatif tempat wisata alam yang terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog tidak kalah indah dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah. Cukup dengan 5,000 Rupiah anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.

# Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman adalah salah satu tempat wisata di Solo dalam kategori wisata belanja. Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern. Produk batik Kampoeng Batik Kauman sudah terkenal di dunia, banyak orang luar negeri yang berlangganan membeli batik di Kampoeng Batik Kauman. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman dapat mencapai jutaan Rupiah.

# Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri. Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian pedagang di Pasar Klewer juga mulai menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaos, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan. (BIO)

LEAVE A REPLY