Libur Paskah, Destinasi Wisata Jakarta Diserbu Turis Lokal

0
453
Ancol dipadati wisatawan lokal

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Memanfaatkan libur Paskah akhir pekan, puluhan ribu turis lokal dari kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) menyerbu beberapa destinasi wisata di Jakarta. Tercatat tiga obyek wisata di Jakarta yang tercatat memiliki kunjungan yang paling banyak dikunjungi.

Tempat Rekreasi Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Wisata murah meriah ini menjadi daya tarik tersendiri. Data pengunjung pada Jumat (25/3) hingga pukul: 13.00 WIB tercatat 21.144 orang.

“Jumlah pengunjung diperkirakan terus melesat hingga sore hari. Termasuk pada Sabtu dan Minggu yang memanfaatkan libur panjang perdana di tahun ini,” jelas Wahyudi Bambang, Humas TMR.

TMR seluas 140 hektar memiliki koleksi sekitar 2.000 satwa dan menjadi wadah konservasi pelestarian alam fauna dan flora, edukasi, penelitian, andalan ruang terbuka hijau (RTH) dan serapan air di Ibukota.

Operasionalisasi TMR dikelola Badan Pelayanan Daerah. Setiap tahun, TMR disubsidi Pemprov DKI Jakarta Rp70 miliar, selain mengandalkan pemasukan dari penjualan tiket masuk Rp4.500 untuk dewasa, Rp3.500 untuk anak-anak dan parkir kendaraan seperti mobil Rp6.000/hari.

Sementara wisatawan yang ke Kepulauan Seribu, Hingga Jumat siang pukul 13.00 WIB i tercatat, sekitar 1.500 wisatawan bertolak ke Pulau Seribu menggunakan kapal reguler dari Dermaga Marina, Ancol.

“Hari ini merupakan puncak arus wisatawan libur panjang akhir pekan kali ini,” ujar Budi Jeep, Manajer Marketing sebuah perusahaan jasa perjalanan dan wisata di Dermaga Marina Ancol, Jumat (25/3).

Dari data yang ada, Pulau Tidung masih menjadi tujuan favorit wisatawan disusul kemudian Pulau Pari dan Pulau Pramuka. “Ini baru data dari kapal reguler. Kalau yang paket wisata juga banyak. Rata-rata 300 wisatawan setiap resort-nya,” katanya.

Ditambahkan Budi, jumlah wisatawan pada libur panjang akhir pekan kali ini juga naik sekitar 100 persen dibanding libur akhir pekan biasa.

Selain itu, destinasi Taman Impian Jaya Ancol hingga pukul 13.00 WIB pengunjung ancol mencapai 32.000 orang. Pengelola Taman Impian Jaya Ancol menargetkan pengunjung hingga 150.000 orang pada libur panjang kali ini, mulai Jumat ini hingga hari Minggu mendatang.

Humas Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan Update pengunjung sampai jam 1 siang ini sudah 32.000 orang, mungkin nanti akan terus bertambah. “Kami dari pengelola menargetkan dalam tiga hari pengunjung bisa datang ke sini (Ancol) sampai 150.000 pengunjung,” ucapnya.

Untuk menarik minat pengunjung, Ancol menyiapkan rangkaian acara spesial untuk menghibur pengunjung. Rangkaian acara tersebar di SeaWorld Ancol, Ocean Dream Samudra, Dunia Fantasi, area pantai Ancol. “Kami mengedepankan hiburan bertema edukasi, fun dan atraktif bagi pengunjung, seperti Diving Rabbit Show, Saya Cinta Lumba-Lumba, Dragon Egg-Travaganza dan Finding Easter Egg,” jelasnya. (endy)

LEAVE A REPLY