Libur Muharram, Kawasan Wisata Puncak Diserbu Wisatawan

0
841
Kawasan Puncak Bogor

BOGOR, test.test.bisniswisata.co.id: Libur Tahun Baru Islam (1 Muharram 1436 Hijriah) dipergunakan sebagian warga Jakarta, Bogor, Deppok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bepergian wisata ke Cisarua, Puncak, Sabtu (25/10). Jalur Puncak terpantau padat sejak pagi hari.

Novita Tarigan (29), salah satu warga yang berwisata ke Puncak, mengatakan, dia mempergunakan libur untuk berwisata bersama keluar pergi ke Taman Safari. Dia bersama dua anaknya berangkat sejak pukul 06.00 WIB dari kediamannya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, dan memasuki gerbang Tol Ciawi pukul 08.30 WIB.

“Antrean di depan gerbang tol cukup lama, tertahan sekiar 30 menit dan ternyata melewati gerbang tol sudah macet ke Puncak,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Bramastyo menjelaskan, kenaikan volume kendaraan yang mengarah ke Cisarua, Puncak memang sudah terpantau sejak 06.00 WIB.

“Kepadatan volume kendaraan menyebabkan antrean kendaraan di beberapa ruas jalan seperti Gerbang Tol Ciawi, Persimpangan Gadog, Pertigaan Megamendung (cimory), Pasar Cisarua, Tugu (warung kaleng) dan Puncak (Masjid Atta’un),” ujarnya seperti diunduh laman beritasatu.com

Semakin siang, kata Bram, kepadatan kendaraan menuju Puncak makin tinggi. Untuk itu, Kepolisian memberlakukan sistem buka-tutup (one way) atau menyekat kendaraan dan memperbolehkan kendaraan lainnya menggunakan dua jalur.

“Hari ini (Sabtu) diprioritaskan bagi kendaraan yang ke atas (Cisarua-Puncak) dan Minggu diprioritaskan kendaraan ke bawah (Bogor-Jakarta),” katanya.

Sejak Sabtu pagi, menurut Bram, pemberlakuan satu arah sudah dilakukan. Sekitar pukul 08.00 WIB diberlakukan satu arah dari Bogor menuju Jakarta, hal itu dilakukan untuk menguras kendaraan yang dari atas. “Dan sekarang sudah diberlakukan satu arah ke atas (Cisarua-Puncak). Untuk durasi dan berapa kali dilakukan satu arah sifatnya tentatif melihat situasi di jalan,” katanya. ****

LEAVE A REPLY