Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Solo Melonjak Tajam

0
102

SOLO, Bisniswisata.co.id: Tingkat okupansi atau keterisian kamar hotel yang ada di Kota Solo selama Lebaran melonjak tajam. Pasalnya, Solo bukan hanya dikenal memiliki banyak destinasi wisata, namun juga sebagai salah satu kota tujuan pemudik.

Menurut Public Relation Officer Aston Solo Hotel, Virginia Anggistania, persentase okupansi hotel yang berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 373 Solo pada libur Lebaran tahun ini mencapai 100 persen. Pengunjung kebanyakan dari luar daerah, khususnya plat B Jakarta.

“Dari tanggal 23 Juni sampai 1 Juli full 100 persen. Ini saja awal Juli juga masih lumayan okupansinya. Ada sebanyak 78 kamar yang terisi dari total 168 kamar. Karena 1 Juli kan hari Sabtu, jadi masih ada yang berlibur,” ujar Virginia, Senin (3/7/2017).

Dari pengakuan para tamu, kata dia, sebagian besar mereka menginap memang untuk liburan mudik. Namun ada juga pemudik yang menginap semalam hanya untuk sekedar transit melanjutkan perjalanan.

“Dari review-review-nya yang menginap lebih dua malam seperti itu. Tapi ada juga dari wilayah sekitar Solo yang menginap lantaran memang untuk liburan. Karena selama musim libur Lebaran ini agenda kegiatan wisata di Kota Solo juga lumayan banyak,” katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di Hotel The Alana Solo. Tingkat hunian kamar hampir mencapai 100 persen dibandingkan bulan-bulan biasa. Sedangkan sebagian besar tujuan tamu menginap di hotel untuk tempat transit.

“Kita ada 247 kamar. Ramainya justru lebaran hari pertama pada 25 hingga 28 Juni. Okupansi kita hampir 100 persen. Rata- rata tamunya berkunjung ke saudara, di hotel untuk transit saja. Cuma waktu malam hari mereka juga banyak waktu di hotel, jadi konsep Kampoeng Lebaran kita juga ramai dipadati tamu,” ujar Assistant Public Relations Manager Hotel The Alana Solo, Kezia Natasha Valentine. (*/MDK)

LEAVE A REPLY