Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan di Taman Mini Lebihi Target

0
101
Snow Bay TMII Dipadati wisatawan

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menjadi favorit bagi warga dalam merayakan liburan Lebaran 2017. Tercatat, selama libur Lebaran kali ini, 400 ribu orang mendatangi kawasan rekreasi budaya ini.

Direktur Budaya TMII, Sulistyo Tirtokusumo mengatakan, sebetulnya target libur Lebaran tahun ini hanya 350 ribu pengunjung, namun ini sudah mencapai 400 ribu. Dari jumlah tersebut, pengunjung paling banyak memasuki arena istana anak-anak, yang menjadi lokasi favoritnya. Meski begitu, wahana lain juga masih menjadi idolan.

“Arena lain seperti taman komodo, taman burung, sky world, dunia air tawar, keong mas, dan taman legenda, juga yang kerap diserbu pengunjung,” ujarnya di Jakarta, Ahad (02/07/2017).

Pihaknya juga mendapat dukungan dari anjungan daerah yang ada. Pasalnya, selama libur Lebaran ini beberapa kegiatan juga digelar untuk menarik minat pengunjung. “Selama libur Lebaran ini, seluruh anjungan menyiapkan kegiatan untuk mengobati kangen warga yang tidak mudik,” ungkapnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan itu, kata Sulis, adalah acara wayang kulit yang ditampilkan anjungan Jawa Timur. Alhasil, beberapa pengunjung semakin kerasan untuk tetap bertahan menyaksikan acara tersebut. “Jadi kegiatan libur lebaran ini kami tutup dengan acara wayang kulit,” tutur Sulis.

Dengan jumlah pengunjung yang banyak itu, sambung Sulis, pihaknya menyebut target pengunjung di tahun 2017 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan. Pasalnya, tahun lalu, sebanyak 5,6 juta pengunjung memadati kawasan TMII. “Tahun ini kami menargetkan jumlah pengunjung terus bertambah, mudah-mudahan bisa mencapai 6 juta pengunjung,” pungkasnya.

Koodinator Unit Pengelola Taman Mini Indonesia Indah, Diyono, menuturkan TMII merupakan tempat wisata berbasis kebudayaan. “Karena dengan berkunjung ke TMII masyarakat bisa berwisata sambil mengenal kebudayaan Indonesia,” jelasnya.

Sabrina, salah satu pengunjung, mengungkapkan kalau dirinya datang bersama keluarga besar. “Mumpung masih libur, jalan-jalan ke sini, apalagi tiket masuknya cukup terjangkau. Paling penting lagi, di sini kita bisa liburan sambil berwisata dan mengenal budaya Nusantara,” tandasnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY