Libur Lebaran, 71.229 Wisatawan Padati Mandeh & Carocok

0
55
Kawasan wisata Mandeh Sumbar (Foto: /dutapesonawisata.files.wordpress.com)

PESISIR SELATAN, SUMBAR, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatra Barat (Sumbar) mengklaim sebanyak 71.229 orang wisatawan mendatangi objek wisata Kawasan Mandeh dan Pantai Carocok selama libur Lebaran tahun ini.

“Sampai Selasa (19/6/2018), jumlah kunjungan wisatawan ke dua objek wisata itu mencapai 71.229 orang. Jumlah ini berpotensi bertambah mengingat libur Lebaran masih berlanjut hingga akhir pekan ini,” papar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Mawardi Roska dalam keterangannya, Jumat (22/06/2018).

Menurutnya, kunjungan wisatawan ke daerah itu masih akan bertambah dalam pekan ini, karena sebagian besar pemudik masih menikmati pulang kampung dan liburan di Sumbar.

Mawardi mengatakan kunjungan ke objek wisata tersebut terjadi sejak hari kedua Lebaran, dan mencapai puncaknya pada 18-19 Juni 2018. “Karena pada hari pertama dan kedua, masyarakat masih berlebaran. Baru berliburan di Lebaran ketiga,” terangnya, seperti dilansir laman Bisnis.

Pengunjung ke objek wisata itu umumnya adalah wisatawan dari kabupaten lainnya di Sumbar. Di luar itu, ada pula wisatawan dari Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Utara (Sumut), Kepulauan Riau (Kepri), serta Jakarta.

Untuk objek wisata Pantai Carocok, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp5.000 per orang. Wisatawan yang datang ke daerah itu bisa menikmati wisata pantai dan permainan wahana air. Sementara itu, di kawasan Mandeh wisatawan bisa menikmati wisata pulau dengan menyewa kapal wisata dan mengelilingi kawasan tersebut.

Tercatat ada beberapa objek wisata menarik di Kabupaten Pesisir Selatan, Painan antara lain:

#. Bukit Langkisau

Bukit ini menawarkan pemandangan eksotis juga biasa dipakai untuk menguji adrenalin dengan kegiatan paralayang. Pengunjung bisa memilih titik pendaratannya seperti di Pantai Salido atau pendaratan langsung di Kota Painan. Sensasi terbang dengan menggunakan parasut dari aktivitas paralayang di Bukit Langkisau menjadi trend sendiri bagi pecinta paralayang. Dengan menaiki beberapa anak tangga langsung mengarahkan pengunjung tiba di puncak, dan disuguhkan pemandangan di dominasi laut lepas dan beberapa pulau yang berbaris sebagai pelengkap.

#. Puncak Mandeh

Presiden Joko Widodo sempat terpukau ketika pertama kali mendatangi Puncak Mandeh. Memang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan ada yang meng-klaim jika Mandeh adalah saudara kembar-nya Raja Ampat yang terpisah. Perjalanan menuju ke Puncak Mandeh cenderung berkelok – kelok, itu sebabnya beberapa pengendara sengaja memacu kendaraan mereka dengan kecepatan lamban ketika menuju kesini. Jalan yang curam dengan jurang yang menjadi lautan, serta badan jalan yang juga tidak terlalu lebar menjadi alasan selanjutnya mengapa pengendara yang lalu – lalang tak berani memacu laju kendaraan dengan kencang.

#. Bukit Bendera

Dulu bukit ini tempat meninjau penjajah yang hendak masuk ke wilayah Bayang. Menurut cerita warga sekitar, jika ada kawanan penjajah yang terlihat, bendera yang ada di sini akan perlahan diturunkan. Dari situlah diambil nama Bukit Bendera Bayang ini diambil.
Bukit Bendera Bayang merupakan tempat berbentuk seperti taman wisata alam yang unik, karena di sini kamu bisa bersantai di atas pohon yang tinggi, atau berpose atas bukit dan melihat hamparan hijau yang terpampang luas di depan mata. Jadi tak melulu soal taman yang ada benderanya.

#. Pulau Cubadak

Nama Pulau ini sempat meroket, jauh sebelum Pasumpahan terkenal bahkan. Pulau Cubadak terletak di tengah Samudera Hindia, yang mana gerbang masuk pulau ini adalah Pantai Carocok. Dengan konsep resort, diharapkan mereka yang ingin bermalam di pulau ini bisa beristirahat dengan nyaman. Ada banyak aktifitas selain snorkeling, juga bisa diving, bahkan juga kita bisa kayak. Sangat seru bukan, mendayung diatas laut sambil menikmati ketenangan wilayah sekitar Pulau Cubadak. Atau apabila kamu yang ingin menikmati sunset dari ketinggian, tak ada salahnya trekking menuju ke puncak bukit ini.

#. Air Terjun Bayang Sani

Ke Pesisir Selatan tak melulu berbicara wisata laut saja, cobalah kamu berkunjung ke Air Terjun Bayang Sani. Letak air terjun tidak jauh dari Jembatan Akar Bayang. Air terjun di Desa Koto Baru ini cukup ramai dikunjungi wisatawan apabila hari libur. Air terjun ini juga memiliki lima tingkatan, namun meskipun begitu, hingga saat ini hanya bisa dinaiki para wisatawan hingga tingkatan ketiga saja dan itu pun tidak begitu ramai.

#. Wisata Pantai

Selain Pantai Carocok, juga ada wisata Pantai Batu Kalang di Nagari Ampang Pulai, Kec. XI Tarusan yang sekilas mirip seperti gugusan batu yang terdapat di provinsi Bangka Belitung. Juga ada Pantai Salido di Kecamatan IV Jurai. Pantai Muaro Bayang, dan Pantai Sungai Nyalo.

#. Benteng Portugis

Berlokasi di pulau Cingkuak, Benteng Portugis ini bisa di capai dengan menggunakan perahu motor sekitar 15 menit dari pantai carocok.

#. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan (Pulau Pemutusan) terletak di Nagari Sungai Pinang Kecamatan koto XI tarusan, Pesisir Selatan. Akses menuju lokasi menaiki perahu motor dengan jarak tempuh sekitar 1 jam kurang. Di Pulau Pamutusan ini anda dapat melakukakn aktifitas berenang, memancing serta snorkling dan tersedia juga gazebo dan penginapan bagi anda yang ingin menginap disini.

#. Jembatan Akar Bayang

Jembatan akar bayang ini berlokasi 24 Km dari kota Painan, berada di kampung Pulut-Pulut Kecamatan Bayang Utara. Jembatan ini juga terbilang unik karena proses terjadinya jembatan akibat dari bertemunya dua akar pohon secara alami. (NDY)

LEAVE A REPLY