Libur Akhir Pekan, Perbatasan RI-PNG di Skouw Diserbu Wisatawan

0
509
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura

JAYAPURA, Bisniswisata.co.id: Perbatasan RI-PNG di Skouw distrik Muaratami Kota Jayapura menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun dari luar Papua. Mengisi liburan Natal, masyarakat kota Jayapura kini tidak hanya wisata ke pantai, tetapi banyak juga yang mengunjungi perbatasan RI-PNG di Skuow.

Frida salah seorang penunjung perbatasan mengatakan, ia sudah beberapa kali ke perbatasan, kali ini khusus mengantar orang tuanya yang baru datang ke Jayapura. “Saya sudah beberapa kali kesini, tapi tidak bosan untuk datang lagi, karena pasti ada suasana yang beda, kali ini saya mengantar orang tua saya dan keponakan yang baru datang ke Jayapura,” kata Frida seperti dilansir laman Wartaekonomi.co.id, Rabu (27/12/2017).

Menurutnya, rasanya belum lengkap jika ke Jayapura tidak singgah ke perbatasan, oleh karena itu jika teman-temannya datang dari luar daerah pasti ia ajak ke perbatasan. “Perbatasan sekarang sudah bagus dan cukup megah, tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami warga Jayapura,” ungkapnya.

Selain menikmati indahnya pemandangan disekitar perbatasan, lanjutnya, juga dimanfaatkan untuk berfoto, karena banyak spot yang indah, mulai dari gerbang masuk yang ada tulisan Skouw, patung garuda, Border post of Indonesia, hingga pintu gerbang perbatasan yang lama, jika hari pasar bisa masuk wilayah lintas batas, dan bisa belanja barang-barang PNG yang dijual di pasar tersebut.

Hal senada diakui Yos warga kabupaten Keerom, ia ke perbatasan untuk mengisi waktu libur dengan keluarganya. “Kami sekeluarga memilih perbatasan, karena tidak terlalu jauh, pemandangannya juga bagus, kita bisa melihat lautan Pasific dari kejauhan dan perkampungan Wutung, kendati harus bayar Rp10 ribu, buat saya tidak masalah karena tempatnya juga bagus,” katanya.

Seperti diberitakan Bisniswisata.co.id sebelumnya, sedikitnya 5.000 wisatawan lokal dan mancanegara per pekan mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura yang diresmikan Presiden Joko Widodo. “Jumlah 5.000 pengunjung ini bisa dilihat pada Sabtu dan Minggu atau hari libur. Per harinya, jumlah kunjungan wisatawan bisa mencapai 500 orang baik itu lokal maupun mancanegara,” ungkap Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai.

Menurut Suzana, sedangkan untuk hari pasar yakni Selasa dan Kamis, wisatawan dari Papua Nugini bisa mencapai 1.500 orang. “Minat masyarakat baik dari Indonesia khususnya Papua dan Papua Nugini sangat tinggi untuk mengunjungi PLBN Skouw, bisa dilihat 600-an kendaraan yang masuk ke wilayah perbatasan ketika Sabtu dan Minggu seperti bus, kendaraan roda dua serta empat,” ujarnya.

Pemerintah terus menyiapkan sejumlah fasilitas untuk menunjang pelayanan di PLBN Skouw seperti tempat penukaran uang, pasar modern hingga lokasi parkir yang lebih luas. “Kami tidak menyangka jika jumlah kunjungan wisatawan akan sebanyak itu, sehingga ke depannya akan terus membenahi fasilitas PLBN Skouw seperti memperluas lahan parkir,” katanya lagi.

PLBN Skouw dibangun di atas lahan seluas 10,2 hektar dan terdiri dari 10 bangunan, di mana fasilitas yang tersedia di PLBN Skouw tak hanya terkait aktivitas keimigrasian dan balai karantina namun juga terdapat pusat jajanan dan kerajinan tangan serta pencucian mobil. (BBS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.