Lelang Pintu Kamar Hotel Orang Terkenal Hasilkan Uang

0
45
Hotel Chelsea Ney York (Foto: Voa)

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Sejumlah pintu kamar hotel yang direnovasi di New York, AS mampu menghasilkan uang sedikitnya US$400.000 Pintu kamar hotel memiliki sejarah dan kenangan tersendiri, seperti penyanyi terkenal dan pemenang hadiah Nobel untuk kesusasteraan Bob Dylan ternyata pernah tinggal di hotel ini dan saat dilelang ternyata laku terjual dengan harga US$125 ribu.

Selain itu, Pintu kamar yang pernah ditinggali penyanyi rock ikonik tahun 60-an Janis Joplin terjual dengan harga US$106 ribu. Begtu juga pintu-pintu lainnya, yang menghasilkan uang. Padahal pintu kamar dibuang pemiliknya, dan dipunggut gelandangan.

Kantor berita AFP, Ahad (15/04/2018), melaporkan pintu-pintu hotel itu diselamatkan oleh seorang gelandangan yang pernah tinggal di Hotel Chelsea itu selama sembilan tahun.

Sejak dibuka tahun 1884 Hotel Chelsea pernah menjadi hunian tetap. Hotel legendaris ini menjadi pelanggan setiap tokoh-tokoh sastra, bintang film dan penyanyi terkenal, seperti pengarang Mark Twain, Jack Kerouac, penyanyi Bob Marley dan Joni Mitchell. Bintang film Humphrey Bogart dan seniman Andy Warhol juga pernah tinggal di hotel klasik ini.

Ketika hotel itu direnovasi, Jim Georgiou yang tinggal di hotel itu dari tahun 2002 sampai ia diusir karena tidak membayar sewa tahun 2012, melihat para pekerja membuang pintu-pintu kamar hotel yang sedang direnovasi.

Bersama beberapa kawannya ia mengumpulkan sekitar 50 pintu, dan setelah mengadakan riset di perpustakaan dan mewawancarai bekas-bekas tetangganya yang pernah tinggal di sana, Georgiou bisa memastikan sedikitnya 22 pintu kamar di mana orang-orang terkenal itu pernah tinggal.

Georgiou yang menjadi gelandangan setelah diusir dari hotel Chelsea, kini bisa tersenyum gembira dengan hasil lelang menjual pintu-pintu bersejarah. (AFP)

LEAVE A REPLY