Lapis Legit, Tempati Posisi 5 Kue Terlezat di Dunia

0
117
Lapis legit

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Nama kue Lapis Legit kian mendunia. Padahal makanan ringan ini tersebar mulai kaki lima hingga retoran dan hotel bintang lima. Kini Kue Lapis legit tambah ngehits, setelah situs berita CNN menilai kue lapis legit masuk dalam jajaran 17 kue terlezat di dunia, dan menempati posisi kelima.

Kue basah istimewa Indonesia yang lembut dan manis ini, merupakan kue khas Indonesia yang diadaptasi dari akulturasi budaya Belanda. Memang kue ini merupakan makanan ringan terlezat dari Indonesia. Tak hanya soal rasanya, untuk membuat kue ini pun diperlukan banyak kesabaran sebab dalam satu potong kue terdapat 18 lapisan bahkan lebih.

Tiap lapisannya harus memiliki tingkat kematangan sempurna yang sama. Tidak boleh gosong dibawah dan atasnya harus tetap basah. Yang membuat lapis legit istimewa, ada cita rasa rempah yang samar-samar. Kombinasi kayumanis, spekuk, cengkeh, dan biji pala berpadu sempurna dengan kocokan mentega dan telur yang membuat per lapisnya lebih kenyal.

Untuk membuat kue lapis legit yang sempurna harus dibuat dengan mentega Belanda Wijsman dan banyak kuning telur. Biasanya kue lapis legit sering disajikan selama perayaan hari besar di Indonesia seperti Idul Fitri, Natal, atau berbagai pertemuan penting lainnya.

Pengamat kuliner berpendapat awalnya, kue ini dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Indonesia dengan menggunakan rempah-rempah Indonesia, seperti kayu manis. Tapi bukan itu saja. Ada juga beberapa fakta menarik tentang kue lezat yang pertama kali diciptakan pada masa penjajahan Belanda itu. Butuh sekitar 30, bahkan 40 telur untuk membuat makanan yang satu ini.

Kue lapis legit bisa bertahan hingga seminggu, disimpan di lemari es, tanpa tekstur berubah. Harga kue lapis legit juga cukup mahal dibandingkan kue lainnya mengingat proses pembuatan roti yang rumit. Kini kue Lapis Legit harus dilestarikan dengan mengajari anak-anak kita untuk bangga dengan rempah-rempah Indonesia melalui kue lezat yang dipuja banyak orang dunia.

Sementara itu, berikut ini adalah deretan kue paling enak di dunia versi CNN.

1. Italia: Tiramisu
2. Swedia: Swedish Princess Cake (Prinsesstarta)
3. Jepang: Dorayaki
4. Denmark, Norwegia: Kransekage
5. Indonesia: Lapis Legit

6. Selandia Baru: Pavlova
7. Australia: Lamington
8. Prancis: Madeleines
9. Malaysia, Singapura: Pandan Cake
10. Amerika Serikat: Cheesecake

11. Jerman: Black Forest Cake
12. Hong Kong: Ma Lai Go
13. Meksiko: Tres Leches Cake
14. Austria: Kaiserschmarrn
15. Uruguay: Postre Chaja
16. Inggris Raya: Victoria Sponge
17. Turki: Baklava (*/NDIK)

LEAVE A REPLY