Landing, Lufthansa Nyaris Tabrak Drone

0
814

WARSAWA, test.test.bisniswisata.co.id: PESAWAT Maskapai Lufthansa yang hendak mendarat nyaris bertabrakan dengan sebuah drone di Bandara Warsawa pada Senin (20/7) siang waktu setempat.

Jarak antara drone dengan pesawat hanya terpisah 100 meteran di atas ketinggian 760 meter. Insiden ini dalam penyidikan Agen Navigasi Udara Polandia. Pesawat Lufthansa mengangkut 108 penumpang yang bertolak dari Berlin dengan tujuan Ibu Kota Polandia.

Akibat kejadian ini sejumlah rute pesawat harus dirubah hingga status udara di atas bandara Warsawa dinyatakan bersih. Helikopter polisi dan militer yang diterbangkan ke lokasi kejadian tidak berhasil menemukan drone.

Insiden ini pertama kali diberitakan oleh Aviation Herald berdasarkan laporan pilot. Dalam laporannya pilot melaporkan pada petugas air traffic controller, “Seharusnya wilayah udara Anda bersih, ini sangat membahayakan,” jelas pilot seperti dikutip AFP.

Dengan penggunaan untuk tujuan komersial, seperti pembuatan film atau fotografi, Komisi Uni Eropa tengah menggodok regulasi penggunaan drone untuk melindungi hak dan keselamatan warga sipil. Rancangan regulasi tersebut rencananya akan dipresentasikan pada musim gugur mendatang di hadapan Komisi Uni Eropa.

Sejumlah negara Eropa seperti Jerman sudah punya aturan khusus soal penggunaan drone. Salah satunya dilarang menerbangkan drone dalam radius 1,5 kilometer dari kawasan bandara dan tidak boleh melebihi ketinggian 50 meter. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.