Kunjungan Wisman ke Jatim Melorot

0
378
Wisatawan saksikan matahari terbit di Gunung Bromo (Foto: http://www.yoshiwafa.com)

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur (Jatim) pada Desember 2016 mengalami penurunan 7,4 persen dibandingkan November 2016. Wisman yang berkunjung ke Jatim mencapai 21.415 kunjungan pada Desember 2016, sementara pada November 2016 jumlahnya mencapai 23.126 kunjungan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Teguh Pramono, mengatakan, penurunan kunjungan wisman berdampak pada tingkat penghunian kamar (TPK) yang juga turun. Kunjungan paling banyak wisman dari Malaysia yang mencapai 5.434 kunjungan, namun jumlah ini turun 19,04 persen dibandingkan November yang mencapai 6.712 kunjungan. “Terjadi penurunan 7,4 persen ini terutama wisatawan dari Cina, Jepang, India, dan Australia,” jelasnya kepada wartawan di kantor BPS Jatim, Surabaya, Kamis (16/2).

Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman ke Jatim selama 2016 tercatat sebanyak 220.570 kunjungan, naik 9,82 persen dibandingkan 2015 yang mencapai 200.851 kunjungan.
Berdasarkan kebangsaan, hampir semua kunjungan wisman dari 10 negara utama jumlahnya turun. Kecuali Singapura dan Korea Selatan yang masing-masing naik 6,87 persen dan 2,40 persen.

Akibatnya, TPK yang pada November 2016 mencapai 61,17 persen turun menjadi 57,48 persen pada Desember 2016. “Mungkin wisatawan-wisatawan ini tidak seluruhnya tinggal di hotel. Mungkin mereka punya mess, atau fasilitas perumahan dari perusahaan,” imbuhnya.

Sementara rata-rata lama menginap tamu (RLMT) asing pada hotel berbintang pada Desember 2016 mencapai 4,35 hari atau naik 2,30 poin dibandingkan November 2016 yang sebesar 2,05 hari. “Meskipun TPK relatif stagnan, tapi RLMT naik dua kali lipat,” ujarnya.

Jawa Timur hingga kini tercatat ada 93 destinasi wisata yang kerap dikunjungi para pelancong nusantara maupun mancanegara. Bahkan skses menuju berbagai tempat wisata di Jawa Timur didukung dengan beragam moda transportasi serta infrastruktur yang baik. Bandara udara Djuanda adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Juga empat bandara lainnya seperti di Malang, Jember, Banyuwangi dan Sumenep.

Ada banyak keunikan dari destinasi wisata di Jawa Timur, di antaranya adalah pesona wisata alam yang memikat serta panorama laut yang menawan hati. Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ini memiliki ibukota yang juga merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, Surabaya. Kota metropolitan Surabaya adalah wajah modern Jawa Timur saat ini dengan karakteristik budaya yang masih tetap dipertahankan.

Keunikan wisata Jawa Timur dapat dijumpai dalam sajian wisata kuliner dengan berbagai olahan makanan laut, kreativitas makanan daging, dan sejumlah makanan kuliner khas Jatim lainnya. Salah satu yang terkenal adalah sate Madura. Atau, Anda dapat pergi ke Mojokerto untuk mencicipi onde-onde yang enak di sana.

Destinasi wisata unggulan di Jatim seperti Gunung Bromo di Probolinggo, kawah Ijen di Banyuwangi, Pantai Plengkung di Banyuwangi, Pantai Klayar di Pacitan, wisata Jatim Park di Malang, Tugu Pahlawan di Surabaya, Telaga Sarangan di Magetan, Pantai Balekambang dan Pulau Sempu di Malang Selatan. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.