Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Singapura Merosot

0
746

SINGAPURA, test.test.bisniswisata.co.id: SELAMA delapan bukan pertama 2015, kunjungan wisatawan mancanegara ke Singapura kian merana. Grafik penurunan ini, dibandingkan periode yang sama tahun 2014 merupakan yang terparah. Untungnya, kunjungan wisatawan dari China terjadi kenaikan sehingga sedikit melegakan dalam data yang dicatat secara resmi Badan Pariwisata Singapura (STB).

Kunjungan wisata secara keseluruhan turun 0,6 persen dari Januari hingga Agustus 2015, dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Sedangkan jumlah wisatawan dari Asia Tenggara, kelompok kedua terbesar, mencatat penurunan 7,5 persen untuk delapan bulan pertama dibandingkan tahun lalu.

Secara khusus jumlah pengunjung dari Indonesia turun lebih tinggi, yakni 11,2 persen. Sedangkan dari Malaysia merosot 4,4 persen meski terjadi peningkatan selama Juli lalu sebagaimana dikutip Channelnewsasia.com, Jumat, (23/10/2015)

Namun demikian kunjungan wisatawan dari Cina terus meningkat atau naik 19,3 persen selama delapan bulan pertama tahun ini dibandingkan tahun lalu. Secara keseluruhan kunjungan per bulan juga membaik sejak Mei dibandingkan tahun lalu. Selama Agustus terjadi kenaikan 6 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan jumlah wisatawan yang datang ke Singapura mencapai 10,2 juta selama delapan bulan pertama tahun ini. Juli dan Agustus merupakan puncak kunjungan masing-masing 1,5 juta dan 1,4 juta wisatawan. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY