Kunjungan Wisata ke Aceh Didominasi Turis Malaysia

0
293
Wisatawan asing kunjungi obyek wisata Aceh (Foto: Aceh Planet)

BANDA ACEH, Bisniswisata.co.id: Semester pertama 2017, Wisatawan dari Malaysia masih mendominasi liburan ke Provinsi Aceh. Data tercatat jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai belahan dunia mencapai 14.700 orang wisatawan asing.

“Dari jumlah total kunjungan, wisatawan negara asal Malaysia yang paling banyak,” ucap Kepala Badan Pusat Statistik Aceh, Wahyuddin di Banda Aceh, seperti dilansir laman Antaranews, Jumat (4/8/2017).

Wahyudin merinci, negara asal dari jumlah total wisman ke provinsi paling Barat di Indonesia tersebut yakni Malaysia sebanyak 11.790 orang. Kemudian Cina 371 jiwa, Australia 191 orang, Prancis sebanyak 184 jiwa, dan Filipina 183 orang.

Disusul Jerman dan Amerika Serikat tercatat masing-masing 179 orang, sedang Inggris 171 jiwa, Thailand sebanyak 157 orang, Singapura 133 jiwa. “Wisman terbanyak (ke Aceh), masih berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Mereka masuk Aceh, lewat pintu Bandara Sultan Iskandar Muda,” katanya.

Seperti diketahui, setelah peristiwa gempa dan tsunami diakhir 2004, Aceh yang memiliki 23 kabupaten/kota telah menjelma menjadi destinasi bagi wisatawan terutama mancanegara. Terdapat sedikitnya 10 obyek wisata yang menarik untuk dikunjung wisatawan seperti objek wisata alam seperti pantai, hingga Museum Tsunami di Banda Aceh.

“Jika dibandingkan kumulatif Januari hingga Juni 2016, maka jumlah wisman berkujung ke Aceh turun 25,93 persen. Karena semester pertama di tahun itu tercatat 19.845 orang,” ujar Wahyuddin.

Selepas musibah tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini sempat terhenti. Seiring pulihnya kegiatan ekonomi, derap kehidupan masyarakat pun ikut kembali pulih. Provinsi Aceh pun kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Banyak daerah wisata yang menyuguhkan ragam obyek wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. Nah, berikut ini daftar info tempat wisata yang paling indah juga menarik di Aceh dan paling banyak dikunjungi turis asing antara lain:

01. Wisata Pantai

Aceh memiliki wisata pantai yang cukup menarik dan jumlahnya cukup banyak pantai. Pertama, Pantai Iboih dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih warna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang akan menyempurnakan liburan anda. Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving.

Kedua, Pantai Lampuuk yang memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak orang datang untuk menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur.

Ketiga, Pantai Lhoknga yang Lokasinya tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.

Keempat, Pantai Ulee Lheue, hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai.

Kelima, Pulau Rubiah terletak di Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah diambil dari sebuah tulisan yang terdapat pada nisan yang ada di pulau ini. Pulau Rubiah dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya terdapat 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia. Anda bisa diving dan snorkeling di sini, silahkan anda berenang bersama aneka ikan tropis dan menikmati indahnya terumbu karang yang berwarna warni.

02. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1612 dan telah menjadi ikon Aceh. Masjin Baiturrahman juga menjadi obyek wisata religi di Aceh yang ramai dikunjungi karena kemegahan dan keindahannya. Bangunan utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara. Kesan megah Masjid ini semakin terasa dengan adanya kolam besar dan juga pancuran air pada bagian depan Masjid.

03. wisata Air Terjun

Pertama, Air Terjun Blang Kolam berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit dari Lhokseumawe. Tempat wisata alam yang satu ini sayang, jika anda lewatkan. Karena di sini, anda bisa melihat air terjun kembar setinggi 75 meter dan dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang. Di tempat ini banyak orang yang bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, atau hanya sekedar bersantai di tepiannya saja.

Kedua, Air Terjun Suhom

Air Terjun ini terletak di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Air terjun ini memiliki tinggi lebih kurang 50 meter dan dibagi menjadi dua tingkat. Namun pengunjung tidak diperbolehkan naik ke tingkat dua dan tiga dengan alasan demi keselamatan, karena adanya pembangkit listrik yang bertegangan tinggi. Untuk bisa mencapai kawasan tempat wisata ini, anda harus melewati jalan yang naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan anda akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Biasanya monyet-monyet ini meminta buah-buahan dan makanan ringan para pengguna jalan yang sedang lewat.

04. Kuala Merisi

Kuala Merisi merupakan sebuah tempat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi juga tenang. Berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang kecil pantai Kuala Merisi sangat cocok untuk bermain air di tepian pantai. Anda bisa menikmati deburan ombak dari tepi pantai dengan menggelar tikar, merasakan hawa sejuk hembusan angin pantai. Tak jarang pula tempat wisata yang satu ini dijadikan untuk lokasi berselancar karena ombaknya sangat cocok untuk olahraga air.

05. Museum Tsunami

Tahun 2004 Tsunami menerjang Aceh dan menyisakan duka bagi warga Aceh yang telah selamat pada saat itu. Untuk mengenang sekaligus menghormati korban yang meninggal dalam musibah tsunami, dibangunlah sebuah Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009. Terdapat lorong panjang ditambah dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air di sepanjang lorong yang akan mengingatkan anda pada bencana besar tersebut.

06. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.