Kulari ke Pantai, Interpretasi RAN dengan Atmosfer Piknik

0
70
RAN

JAKARTA, bisniswisata.co.id: RAN, trio grup musik kembali mempersembahkan sebuah video klip terbarunya. Single lagu itu berjudul “Kulari ke Pantai”. Tembang berdurasi tiga setengah menit itu, juga sebagai lagu soundtrack film anak-anak Kulari ke Pantai. Film ini rencananya tayang di biosko pada saat liburan anak sekolah, 28 Juni 2018.

Ada nuansa berbeda dalam video klip ini, sang sutradara video klip mencoba untuk membawa penonton menikmati pantai dengan beberapa adegan dalam film berjudul yang sama. Selain beberapa potongan adegan dari film tersebut, beberapa bunyi dari bisikan pasir, deburan ombak, hingga indahnya langit berwarna biru, membuat penonton bisa langsung rindu akan liburan ke pantai.

“Konsep video klipnya saya bikin seperti ini untuk mencoba menggelitik penonton untuk ikut berlibur ke pantai. Dan pastinya juga ingin menggelitik penonton untuk menonton film Kulari ke Pantai, karena video klip ini dibikin cut to cut dengan footage dari film, yang tidak kalah menariknya,” ujar Sakti Marendra, selaku sutradara video klip Kulari Ke Pantai, dalam rilis yang diterima Bisniswisata.co.id, Jumat (18/05/2018).

RAN mengaku bahwa lagu tersebut merupakan lagu tercepat yang pernah mereka kerjakan, dan tanpa ada revisi sedikit pun. Bahkan mereka mengaku mendapatkan ide membuat lagu sambil berlibur ke laut agar lebih bisa menginterpretasikan film tersebut dalam bentuk lagu. RAN juga berusaha menangkap atmosfer piknik yang santai dari kisah filmnya.

“Kami diberi kebebasan sepenuhnya oleh Mbak Mira (Lesmana) untuk menginterpretasikan film Kulari ke Pantai dalam bentuk lagu. Untuk mendapat mood, kami sengaja membuat lagu ini ketika berlibur di tengah laut. Sambil bersantai, beratapkan langit bertabur bintang, tanpa penerangan, dan berlatar belakang suara ombak,” kata RAN

Malam itu, sambung dia, kita langsung dapat bagian reff-nya dan kita teruskan prosesnya di Jakarta. Hasilnya? Mbak Mira suka dan tidak ada revisi. “Hasilnya keren juga, banyak happynya, suasana sangat kena, dan bener-benar menakjubkan, Ayoo tonton,” sarannya.

Singel ini dirilis secara digital di bawah label Trinity Optima. Selain itu, mereka juga membuat video musik yang disutradarai Sakti Marendra. Jika soundtrack pertama Selamat Pagi punya video musik dengan grafik penuh warna, video musik untuk lagu ini lebih santai dan menyorot lanskap perjalanan ketiga tokoh yang diperankan Marsha Timothy, Maisha Kanna, dan Lil’li Latisha.

Lirik lagu yang mudah dimengerti membuat lagu ini cocok menjadi lagu tema film Kulari Ke Pantai yang ditujukan untuk anak-anak. Pun begitu dengan tempo lagu yang tidak cepat. Gitar akustik menjadi alat musik pengiring yang dominan dalam lagu ini. Dipermanis dengan suara perkusi dan instrumen brass section pada beberapa bagian.

“(Saya) mencoba menggelitik penonton untuk ikut berlibur ke pantai dan juga ingin menggelitik penonton untuk menonton film Kulari ke Pantai karena video dibikin cut to cut dengan footage dari film yang tidak kalah menarik,” kata Sakti.

Sutradara Mira Lesmana, grup yang digawangi Rayi, Asta, dan Nino ini berhasil untuk menerjemahkan mood dalam film karyanya dan Riri Riza. Bahkan ia mengaku sangat puas dengan lagu yang diciptakan oleh grup yang dibentuk pada 2006 tersebut.

“Mereka berhasil menerjemahkan mood dari film ini, padahal belum sempat melihat filmnya secara utuh. Saya senang dan puas sekali dengan theme song oleh RAN ini,” tutup Mira Lesmana.

Film Kulari ke Pantai digarap oleh sutradara Riri Riza dengan produser Mira Lesmana. Riri dan Mira juga ikut menulis naskah bersama Gina S Noer dan Arie Kriting. Ini menjadi film anak ketiga yang dibuat Miles setelah Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY