Komunitas Sepeda Onthel dari 30 Negara Parade di Bali

0
380
Komunitas se[eda onthel (Foto: http://www.pikiran-rakyat.com/)

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Komunitas sepeda tua atau onthel dari 30 negara bakal berkumpul di Bali dalam acara International Veteran Cycle Association (IVCA) pada 12-15 April 2018. SElain untuk meningkatkan persaudaraan antar sepeda ontel, event ini juga menikmati pariwisata di Pulau Dewata.

“Ada 100 stan untuk penjualan onderdil sepeda tua dan barang antik di Lapangan Masyonet, Sanur,” kata panitia acara IVCA Fahmi Saimima saat jumpa media di Denpasar, Rabu (11/4/2018).

Rangkaian acara IVCA di Bali adalah tur sepeda ontel (cultural ride) sejauh 20 kilometer. Selain itu akan ada balap sepeda tua yang dibagi dalam beberapa kategori jenis dan tahun produksi. “Ada kategori ban besar tahun 1930-an sampai 1960-an. Atau tahun 1960-1980-an,” ujar Fahmi.

Acara IVCA di Bali menargetkan 10 ribu peserta dari Indonesia dan luar negeri. Indonesia mendapat persetujuan menjadi penyelenggara pasca digelar kongres IVCA, yang diadakan di Ceko pada 2013. Setelah dilakukan peninjauan beberapa daerah di Indonesia, Bali pun dipilih sebagai tuan rumah untuk kawasan Asia.

Hal yang menjadi pertimbangan, setelah memperhatikan jumlah kendaraan bermotor yang melintasi dalam satu ruas jalan. Adapun tuan rumah kongres IVCA kali pertama diadakan di Grantham, Inggris pada 1981.

Ketua Panitia IVCA 2018 Bambang Waluyojati menjelaskan kesempatan Bali sebagai tuan rumah menjadi ajang untuk menunjukkan variasi sepeda ontel di Indonesia. “Budaya melestarikan sepeda kuno yang semakin langka, juga untuk peningkatan kunjungan wisata ke Bali” tuturnya.

Saat puncak acara IVCA di Bali, akan dilakukan parade berkeliling Denpasar sejauh 25 kilometer. Para peserta dari berbagai negara akan menggunakan pakaian khas asalnya. Sedangkan para peserta dari Indonesia akan bersepeda menggunakan pakaian tradisional dari masing-masing daerah. “Keberagaman pakaian bisa menjadi potensi daya tarik wisata,” kata Bambang seperti dilansir laman Tempo.co

Sebelum IVCA berlangsung di Bali, acara dimulai dengan kirab bersepeda ontel yang melibatkan 10 orang peserta anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). Rute perjalanan dimulai dari Pantai Anyer, Banten pada 24 Maret.

Perjalanan kirab sepeda ontel melewati 20 kota dengan jarak tempuh sekitar 1.500 kilometer di sepanjang Jawa dan Bali. Setelah tiba di Bali, sepuluh orang peserta kirab mengakhiri perjalanan di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, pada 10 April. (TMP)

LEAVE A REPLY