Komunitas Pecinta Burung Dikumpulkan Jokowi di Kebun Raya

0
661
Lomba Kicau Burung (Ilustrasi)

BOGOR, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo mengumpulkan komunitas pecinta burung untuk mengikuti festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor, Ahad (11/03/2018).

Dikutip laman Antara, sekitar 3.000 burung dari berbagai jenis berkicau memenuhi Kebon Raya Bogor sejak Ahad pagi hari untuk diadu. Presiden Jokowi yang dijadwalkan menyaksikan sekaligus menyerahkan Piala Presiden untuk kelas BNR Murai Batu.

Presiden Jokowi mengenakan kaos lengan panjang abu-abu dan celana jeans biru, disambut masyarakat dan panitia. Bahkan kepala negara tak mau kalah untuk memeriahkan perlombaan ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Surakarta membawa seekor burung jenis Murai Batu. Burung tersebut ditaruh di sebuah sangkar burung berwarna cokelat.

Lomba ini langsung dimulai setibanya Jokowi di lokasi. Hingga saat ini, perlombaan masih terus berlangsung. Selain Presiden Jokowi, acara ini juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Koordinator Staff Khusus Presiden Teten Masduki, juga Ketua Panitia Lukmanul Hakim dan Ketua Pelaksana Wowo serta Endang

Lukmanul Hakim menjelaskan Piala Presiden Jokowi terdiri atas 10 kelas dari sekitar 10 jenis burung yang akan dilombakan dengan harga tiket mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 3,5 juta. Kelas utama Presiden khusus melombakan murai batu dan wajib menggunakan sangkar BnR.

Juara pertama di kelas tersebut bakal mendapat hadiah istimewa, yakni 1 unit mobil Suzuki Ertiga plus trofi eksklusif. Juara 2-4 masing-masing mendapat uang tunai Rp 30 juta, Rp 15 juta, dan Rp 7 juta. Juara 5-10 masing-masing mendapat uang tunai Rp 4 juta.

Kelas Istana (tiket Rp 2 juta) melombakan murai batu dan murai batu ring. Jumlah peserta dibatasi 36 gantangan. Juara pertama mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar 45% hasil penjualan tiket (setelah dipotong 15% untuk operasional panitia).

Juga dilombakan Kelas Kebun Raya Bogor (Rp 1,5 juta). Kelas ini juga melombakan murai batu dan murai batu ring. Hadiah untuk juara 1 berupa trofi dan uang pembinaan Rp 25 juta.

Kelas BnR (Rp 800.000) terdiri atas murai batu, cucak hijau, kacer, dan kenari standar kecil. Juara satu mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 15 juta. Kelas Istana, Kebun Raya Bogor, dan BnR juga mewajibkan penggunaan sangkar BnR.

Enam kelas lainnya boleh memakai sangkar dengan model / merek apapun. Keenam kelas ini adalah Oriq Jaya (Rp 500.000, juara 1 Rp 8 juta), Indo Jaya (Rp 300.000, juara 1 Rp 5 juta), Silobur (Rp 300.000, juara 1 Rp 5 juta), BBF (Rp 200.000, juara 1 Rp 3 juta), Radja (Rp 200.000, juara 1 Rp 3 juta), dan Miltih (Rp 100.000, juara 1 Rp 1,5 juta).

Panitia juga menyediakan penghargaan spesial kepada juara umum BC dan SF, berupa trofi eksklusif dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 3 juta dan Rp 2 juta. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.