Komunitas Offroad Luwu Utara Berwisata sambil Baksos

0
208
Komunitas Offroad Luwu Utara

MASAMBA, Bisniswisata.co.id: Komunitas offroad motor dan mobil Luwu Utara menyiapkan aksi bakti sosial (Baksos) sambil berwisata menikamti pesona wisata Luwu Utara. Kegiatan ini direncanakan membantu masyarakat di 11 desa di Kabupaten Utara pada 5 Agustus 2017.

AKBP Dhafi SIK MSi, Kapolres Luwu Utara, menjelaskan, kegiatan offroad bakti sosial menjadi bagian dalam memeringati HUT Bhayangkara ke-71. Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas dari Luwu Utara Trail Community (Luctrac) serta La Manangiang Jips Club.

“Masyarakat desa yang dilalui dalam kegiatan ini akan diberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok. Bantuan ini akan melibatkan juga tokoh masyarakat dan tokoh agama,” kata Dhafi seperti dilansir laman Republika.co.id, Selasa (01/08/2017).

Dhafi menjelaskan, untuk kegiatan ini akan dibagi dalam dua rute. Untuk mobil, kata dia, para offroader akan menempuh jarak sejauh 58 km. Sedangkan untuk motor, track berupa perbukitan dan sungai sejauh 71 km. “Kegiatan ini akan melibatkan Luwu Raya, mulai daru Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo hingga Tana Toraja,” ujarnya.

Alumnus Akpol angkatan 1997 ini mengaku kegiatan ini mendapat respons yang sangat luar biasa dari pecinta offroad. Namun kegiatan yang diberi tajuk Bhakti Bhayangkara Offroad and Trail Adventure ini hanya membatasi peserta sebanyak 100 offroader mobil dan 250 motor saja.

“Ini inisiasi yang coba kita bangun untuk mendorong kepedulian semua pihak kepada masyarakat di daerah-daerah yang selama ini masih berada di pedalaman,” kata ayah tiga anak ini.

Bantuan yang akan diberikan ini berupa tali asih dari Kapolda Sulawesi Selatan untuk masyarakat kurang mampu dan berkebutuhan khusus berupa santunan, selimut dan sarung. Selanjutnya ada juga bantuan sembako dari seluruh peserta offroader dalam bentuk beras, mi instan dan minyak makan.

“Kami juga akan memberikan bantuan bibit pohon kebun (coklat, rambutan dan duren) serta pohon untuk penghijauan di wilayah desa yang rawan tanah longsor,” kata dia.

Di Luwu Utara Sulawesi Selatan terdapat 7 obyek Wisata yang layak dikunjungi. Antara lain,

01. Makam Datok Pattimang Dan Petta Pao

Makam ini sangat disakralkan oleh masyarakat setempat maupun masyarakat diluar Kabupaten dengan ditandainya kunjungan masyarakat pada saat menjelang puasa dan saat usai Idul Fitri dan Idul Adha. Datok Pattimang ini adalah sosok pembawa ajaran Islam yang pertama di Tanah Luwu, dan yang pertama menerima ajaran tersebut adalah Raja Pattiarase yang dikenal dengan Andi Patiware. Dan mulai saat itu ajaran Islam menjadi ajaran dominan di Sulawesi Selatan yang sekaligus mempengaruhi perkembangan sejarah Indonesia bagian timur.

02. Pemandian Alam Tamboke

Permandian Alam Tamboke berada diDesa Tamboke dan dikenal dengan sungai dan permandian disekitar bendungan akan tetapi masyarakat lebih memilih ke hulu Sungai untuk rekreasi, sekaligus mengolah bahan makanan ditepi sungai. Mengolah makanan ditepi Sungai adalah kebiasaan pengunjung di Tamboke, ini salah satu daya tarik juga di sana, selain mandi dengan aliran sungai yang masih alami

03. Pegunungan Limbong

Lembah pegunungan Limbong disekitar Kec. Limbong cukup elok di pandang belum lagi budaya masyarakatnya yang khas, namun daerah ini masih belum dikenal oleh masyarakat banyak karena akses jalannya belum sempurna, namun kini sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4. Kec. Limbong kurang lebih 70 km sebelah barat Kota Masamba, disana terdapat etnis Budaya Rongkong yang kegiatan keseniannya adalah merupakan perilaku yang tampak dalam keseharian mereka. Limbong juga terkenal dengan Tenun Batik Rongkong dan kopinya yang khas

04. Permandian Alam Meli Masamba

Permandian Alam Meli Daerah ini cukup dikenal di Luwu Utara, di samping jarak dari Kota Masamba tidak terlalu jauh, serta di dalamnya terdapat sebuah hotel yang sangat exotic di tepi hutan, udara alam Meli masih sangat sejuk dan alami di samping aliran sungai yang jernih, sungai Meli merupakan tempat permandian yang mengasyikkan di kalangan pengunjung.

05. Air Panas Pincara Sepakat

Air Panas Pincara dikenal dengan kolam berendam air panasnya, yang dapat membuat rilex jika kita berendam didalamnya, dan masyarakat setempat meyakini airnya itu bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, jarak obyek wisata Air Panas Pincara kurang lebih 9 km dari Kota Masamba, ditempat ini juga sangat menarik karena masih didukung oleh panorama alam yang masih asri.

06. Air terjun Sarambu alla

Air Terjun Sarambu AllaTempat wisata ini bisa di tempuh kurang lebih 1 jam dari kota Masamba ke arah Palopo. Luwu utara memiliki wisata air terjun yang elok di kelilingi tebing tinggi, undakan tangga menurun sekitar 30 meter harus dilalui dahulu, hingga akhirnya air terjun Sarambu Alla menyeruak di antara kelokan tebing,. Tempat wisata ini sangat potensial sebagai product wisata unggulan, karena daerah ini juga banyak menghasilkan buah lokal seperti duren, rambutan, dan langsat.

07. Air Terjun Sepakat

Air terjun sepakat terletak di Desa Sepakat Kec. Masamba, obyek ini sangat menarik karena air terhempas diatas batu yang mengakibatkan pelangi disela-sela sinar matahari yang menimbulkan uap air yang menyerupai asap tebal. Sekitar obyek di dukung pula panorama alam. (*/ndik)

LEAVE A REPLY