Komunitas Lady Biker Ikuti Talkshow Merawat Motor Semudah Tersenyum

0
119

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Komunitas Lady Biker bersama blogger penulis wisata antusisas mengikuti Talkshow bertajuk Merawat Motor Semudah Tersenyum, di Jakarta. Talkshow yang diselenggarakan Mobil123.com menggandeng PT Pertamina Lubricants ini untuk menyemarakkan Hari Kartini.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengertian kepada pengendara wanita atau lady bikers betapa pentingnya merawat kendaraaan roda dua yang baik dan benar di tengah kesibukan-kesibukannya. Apalagi mereka suka touring atau jalan-jalan menjelajah daerah wisata sehingga dibutuhkan motor yang prima,” papar Arya Dwi Paramita selaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants dalam keterangan yang diterima redaksi Bisniswisata, Selasa (09/05/2017).

Dijelaskan, kendaraan roda-dua atau sepedamotor kini sudah jamak di Indonesia. Bukan lagi alat transportasi bagi kalangan-kalangan tertentu. Kendaraan jenis ini sudah tidak terbilang mahal lagi, sehingga membuat sebagian besar masyarakat tertarik membeli sepedamotor.

Meski membeli sepedamotor merupakan hal yang gampang, namun untuk merawat kendaraan ini ke bengkel resmi atau umum bagi sebagian pemilik terasa sangat berat dengan alasan keterbatasan waktu. Jika kondisi ini terus terjadi, besar kemungkinan memperpendek usia kendaraan.

Agar perfoma motor selalu tetap prima dan tahan lama, maka dibutukan perawatan berkala selayaknya kita merawat kesehatan diri sendiri. Kendati demikian, fakta di tengah masyarakat, tidak setiap pemilik selalu berkenan mendatangi bengkel untuk melakukan perawatan motor meski sekedar mengganti oli, terlebih pemiliknya seorang wanita, katanya.

Diakuinya, cukup banyak wanita pelanggan tidak mudah melangkahkan kaki ke bengkel ditambah dengan tingkat kesibukan pemiliknya membuat motor kian terbengkalai tak terawat. “Perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat,” tambahnya.

Dilanjutkan, setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasipabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan lain-lain.

“Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati,” kata Arya Dwi Paramita.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakar injeksi. Namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepedamotor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

Menurutnya, alasan pemilik harus rajin dalam pergantian oli pada mesin motor karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja. “Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin. Pelumas mesin ini perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung,” imbuh Arya.

Dia pun mengingatkan bahwa sebelum pengendara mengendarai sepedamotor sebaiknya memeriksa rem, lampu-lampu, aki dan radiator, demi keselamatan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY