Komunitas Jalan Kaki Jelajahi Molenvliet

0
501
Komunitas jalan kaki, Jakarta Good Guide (Foto: Jakarta Good Guide)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Komunitas jalan kaki, Jakarta Good Guide, mengajak pecinta tur sejarah berjalan kaki menyusuri Jakarta. Melalui tur Molenvliet, mereka mengajak 120 pesertanya menyusuri sejarah Jakarta di sepanjang kanal Molenvliet, Senin (12/12/2016).

Molenvliet adalah sebuah kanal dan nama daerah di sekitar kanal di era Batavia, Hindia Belanda, Setelah awal tahun 1960-an, daerah ini dikenal sebagai Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Kanal ini Dibangun di bawah pimpinan kapiten Tionghoa bernama Phoa Beng Gan pada abad ke-17 untuk mengeringkan rawa-rawa di selatan Batavia.

Kanal Molenvliet kemudian dialiri oleh aliran Ciliwung dan Kali Krukut. Daerah ini menghubungkan Oud Batavia (Kota Tua) dan Weltevreden (Lapangan Banteng dan Monas) serta menjadi daerah komersial dan permukiman elite.

“Dulu ini merupakan kawasan komersil dan elit. Ada banyak perhotelan di sepanjang kawasan. Yang tetap bertahan dan tertua adalah hotel Sriwijaya. Hingga saat ini, interior hotel tidak banyak berubah,” tutur Ira Latief, pemandu dari Jakarta Good Guide.

Peserta tur pagi itu sebanyak 120 orang yang didampingi oleh enam pemandu. Perjalanan dimulai pukul 09.00 di stasiun Juanda sebagai titik kumpul. Selama tiga jam, peserta diajak menyusuri sepanjang tiga km meliputi Hotel Sriwijaya, Jl. Pecenongan, Gedung Jiwasraya, Harmoni, Hotel Des Indes, dan berakhir di Gedung Arsip Nasional.

“Ini adalah kota barunya Jakarta. Dari Kota Tua, jalur sungai ini banyak digunakan untuk mengantar kayu,” imbuhnya seperti dilansir laman bisnis.com

Tur Molenvliet merupakan satu rute dari 11 rute yang ditawarkan Jakarta Good Guide. Selain itu, ada tur City centre 1, Old town, Chinatown, Menteng, Pasar baru, Cikini, hingga Jatinegara.

Jakarta Good Guide, dibentuk tahun 2014 oleh Farid dan Candha. Anggotanya merupakan pemandu wisata yang tersertifikasi. Ia bersama empat rekannya membuat lima paket “Walking Tour” atau tur jalan kaki di Jakarta, yakni: Pusat Kota yang terdiri dari wilayah Monas dan sekitarnya, Menteng, China Town, Kota Tua, dan Pasar Baru.

Jika ingin mengikuti program Walking Tour, dapat mendaftar melalui media sosial Jakarta Good Guide dan menghubungi salah satu nomor pemandu yang ada dalam poster di media sosial. Atau, peserta dapat mengirim komentar langsung di bawah poster atau program. (*/BIO)

LEAVE A REPLY