Komunitas Fixed Gear, Antara Bike Messenger & Nikmati City Tour

0
216
Komunitas sepeda

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Komunitas penggemar sepeda fixed gear, kini semakin eksis dan berkembang di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Komunitas ini, bukan hanya menyalurkan hobby bersepeda, namun juga menekuni profesi sebabagi layanan jasa kurir barang atau bike messenger di kota-kota padat yang sulit dijangkau kendaraan bermotor. Bahkan menikmati city tour sambil bekerja.

Komunitas Fixed Gear di Jakarta, mulai terbentuk bahkan berbadan hukum sejak 2016. Meski komunitas ini baru aktif melakukan berbagai kegiatannya pada tahun 2013, namun beberapa anggota komunitas fixed gear juga memilih untuk menekuni profesi layanan jasa kurir barang

Profesi ini dipilih selain memang karena hobi bersepeda, dorongan untuk ikut berkontribusi mengurangi kemacetan, mengurangi polusi di kota-kota besar di Indonesia menjadi alasan utama para penggemar sepeda fixed gear ini.

Hingga saat ini, layanan bike messenger tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya Aceh, Aceh, Medan, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Cibinong, Semarang, Jogjakarta, Jember, Malang, dan Bali.

Anggota komunitas bike messenger terdiri dari anak muda dari berbagai latar belakang. Mereka menekuni profesi bike messenger secara part time dan full time. Ada mahasiswa, karyawan swasta, dan lain sebagainya.

Anggota komunitas bike messenger di Jakarta, melayani kebutuhan jasa kurir sepeda dengan mencakup Jakarta dan Tangerang Selatan. Dalam menjalankan tugas sebagai kurir, sepeda yang digunakan adalah sepeda milik pribadi masing-masing anggota. Salah satu layanan jasa kurir sepeda di Indonesia yaitu Bidonesia mampu membuktikan kurir sepeda merupakan pekerjaan yang menyenangkan.

Founder Bidonesia Niki Bagoes Rizky yang sudah sejak 2010 menggeluti hobi bersepeda, juga sepeda jauh lebih efisien ketimbang kendaraan bermotor. Selain itu, untuk dapat masuk ke gedung-gedung perkantoran, kurir tidak perlu mencari area parkir yang sulit dijangkau dan bisa masuk bahkan sampai teras gedung.

Kemudian di jalan yang sempit, sepeda bisa dengan mudah melaluinya dan juga bisa diangkat ketika jalan tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan bermotor. “Saya ingin mengajak lebih banyak orang untuk bersepeda. Kemudian bagaimana kita bisa menjadi wadah bagi berbagi event komunitas sepeda,” kata Bagoes saat acara Herbalife di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Layanan yang disediakan melalui bike messenger pada umumnya adalah layanan pengantaran barang dan dokumen untuk jarak 1–10 km dan 10–15 km. Meski demikian, barang yang dapat diantar juga terbatas ukurannya dan dapat dibawa dengan messenger bag, yaitu hanya untuk barang berukuran panjang 30cm dan lebar 20cm. Kebanyakan, menurut pengakuan Niki, barang yang diantar yaitu berbentuk dokumen dan makanan.

Sementara tarifnya, Niki membanderol harga Rp25 ribu untuk jarak 1–10 km dan Rp50 ribu untuk 11–15 km. Barang yang dikirimkan oleh kurir sepeda Bidonesia juga akan sampai di hari yang sama.

Selain kegiatan messenger, anggota komunitas juga sering menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan sepeda seperti street race, sprint race, dan lain-lain yang masih berhubungan dengan kegiatan messenger. (WEO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.