Koleksi Anyar Bertema Alien, Moschino Dikecam

0
65
Karya Moschino yang dikecam

LOS ANGELES, bisniswisata.co.id: Desainer Jeremy Scott dari label Moschino dikecam gara-gara promo koleksi terbarunya yang mengusung tema Alien, yang menyinggung krisis imigran di AS. Scott dipaksa untuk mengedit sejumlah posting media sosial setelah dia dituduh memprovokasi krisis persoalan imigran di Amerika Serikat yang sensitif.

Sebelumnya, Scott memposting foto model Gigi Hadid di Twitter dan Instagram, yang mengenakan pakaian ala Jackie O dengan wajah dicat biru untuk kampanye “Bangsa Alien” dengan judul: “Satu-satunya hal yang ilegal tentang alien ini adalah seberapa bagus penampilannya,”

Setelah rentetan kritik media sosial, Scott lalu mengedit posting Instagram untuk menjelaskan simpatinya untuk nasib para imigran, termasuk anak-anak yang telah dipaksa berpisah dari orang tua mereka dan ditempatkan di tahanan di AS.

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (28/06/2018) satu pengguna Instagram menulis: “Anda ingin memulai diskusi? Berhenti mengecat model yang sama dengan warna biru dan menyebutnya revolusioner. Sebenarnya ubah permainan fesyen dengan menyewa model yang perlu diwakili. Keluar di jalan dan lakukan sesuatu yang berharga. Sampai saat itu, Anda hanyalah orang kulit putih yang menghasilkan uang dari penderitaan orang sungguhan.”

Scott dinilai jika memang peduli dengan nasib imigran, mestinya ia menjadikan model untuk koleksinya ini dari imigran sebenarnya, bukan dari model kulit putih seperti Gigi Hadid.

Sementara, ada juga komentar lain yang lebih mendukung Scott. Ia menyebut: “Apa cara yang lebih baik untuk menunjukkan keberagaman AS bahwa kita semua sama, kita semua berdarah satu warna, kita semua dilahirkan dengan satu cara dan kita semua mati!”

Ini adalah kedua kalinya dalam sepekan, dunia mode merambah masuk ke dalam hal sensitif dan kontroversial. Pada hari Kamis, Ibu Negara AS, Melania Trump menuai kontroversi karena mengenakan jaket Zara yang dihiasi dengan kata-kata “I Really Don’t Care, Do You?” saat naik pesawat untuk mengunjungi anak-anak dalam tahanan imigrasi.

Saat itu, juru bicaranya, Stephanie Grisham, mengeluarkan pernyataan yang mencoba untuk membelokkan diskusi tentang jaket, termasuk hashtag #ItsJustAJacket. “Apa itu alien? Konsep kampanye iklan saya adalah untuk menarik perhatian pada sikap keras Pemerintah AS terhadap alien ilegal,” tulis Scott.

“Saya melukis model-model dalam pertunjukan saya dan kampanye ini sebagai cara untuk membuka diskusi tentang apa sebenarnya alien itu – apakah mereka oranye biru kuning hijau? Apakah ini penting? Mereka adalah teman, tetangga, rekan kerja, kerabat dan orang yang kita cintai. ”

Sayangnya, penjelasan Scott muncul setelah pengguna media sosial menuduh perancang tersebut “mengambil keuntungan dari penderitaan orang-orang yang melarikan diri dari penganiayaan, kemiskinan dan kematian”. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.