Koki Kapal AL Diajari Masak Rendang

0
448
Beef Rendang

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengadakan festival merendang dalam rangka memeriahkan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 di Pantai Cimpago Padang, Rabu (13/4).

“Kegiatan ini ialah satu rangkaian untuk memeriahkan MNEK 2016 dan kami menyediakan 100 tungku untuk memasak rendang ikan tuna,” kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang Medi Iswandi.

Ia menjelaskan kegiatan yang diikuti seluruh delegasi kegiatan MNEK 2016 yakni dari sekitar 30 negara juga sekaligus sebagai ajang promosi wisata, baik itu kawasan pantai maupun kuliner khas daerah itu khususnya rendang.

“Untuk rendang sendiri, peserta diberi bimbingan teknik memasaknya. Bumbu pun telah disediakan sehingga mereka bisa belajar lebih cepat,” ujarnya.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi menyebutkan adanya festival rendang dalam rangkaian kegiatan MNEK 2016 dinilai mampu memberi kesan baik tersendiri bagi para delegasi karena merupakan masakan khas Kota Padang.

“Rendang ini masakan terenak di dunia, jadi tentu diharapkan keikutsertaan semua delegasi membuat koki-koki kapal AL bisa pula membuat rendang,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu tentu dapat semakin mengembangkan wisata kuliner Padang karena peserta dari berbagai negara yang ikut serta akan terus mengingat kota itu serta tidak menutup kemungkinan mempromosikan pula di negaranya masing-masing.

“Dengan itu peluang Padang sebagai pilihan destinasi wisata Internasional akan makin besar dan dapat terwujud,” tambahnya seperti diunduh laman Antara.

Berdasarkan pantauan di lapangan dalam kegiatan festival merendang itu turut hadir para pemimpin delegasi dan para KSAL, Muspida Provinsi Sumbar, Muspida Kota Padang dan masyarakat setempat. Kegiatan itu juga diiringan dengan pertunjukan Gandang Tasa.

Sementara salah seorang peserta AL merendang dari Vietnam, Danielle mengatakan sangat menikmati festival itu meskipun belum pernah memasak ataupun mencicipi rendang.

Ia menyatakan tidak sabar menikmati rendang tuna itu karena memasaknya cukup lama, namun dari awal aromanya sudah sangat menggugah selera. (*/a)

LEAVE A REPLY