KLHK Kembangkan Potensi Wisata Alam Konservasi

0
149
Wisata alam yang indah dan sejuk

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengembangkan potensi wisata alam di Tanah Air, terutama di daerah konservasi alam yang menjadi taman nasional.

Sejumlah daerah konservasi itu diantaranya Taman Wisata Alam Bromo Tengger, Taman Nasional Komodo, Taman Wisata Alam Kawah Ijen Banyuwangi dan Taman Nasional Tanjung Puting.

“Dari 10 destinasi wisata prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KLHK fokus mengembangkan empat destinasi wisata yakni Bromo-Tengger, Wakatobi, Komodo dan Kepulauan Seribu,” kata Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hidup dan Konservasi KLHK Ismugiono dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (27/05/2017).

Sementara itu menurut Ketua Tim Percepatan Pengembangan Ekowisata Kementerian Pariwisata, David Mekes ekowisata berkontribusi sebanyak 35% terhadap pariwisata Indonesia.

“Saya rasa Bromo Tegger menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan yang dimiliki Indonesia. Makanya, kita sedang fokus dalam hal wisata alam,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Asosiasi Pariwisata Alam Indonesia (APAI) diharapkan dapat berperan lebih aktif dalam memfasilitasi para pemegang ijin pariwisata alam, untuk dapat meningkatkan kinerjanya. APAI juga, diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dan mendukung program Ayo ke Taman Nasional.

APAI didirikan tanggal 28 Juni 2007 dengan tujuan menghimpun pemegang ijin pariwisata alam, dan menjaga pengelolaan pariwisata alam melalui pengembangan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY