Kiat Memilih Hotel Ramah Anak

0
3060

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: BERWISATA bersama anak-anak memang sangat menyenangkan. Ada kebahagian tersendiri. Ada kepuasan lebih bahkan ada pengalaman yang mengasyikkan. Namun kondisi itu bisa berantakan, jika tidak dipersiapkan dengan baik. Dengan kata lain bisa jadi liburan menjadi kurang berkesan bagi Si Kecil, terutama bagi anak-anak berusia di bawah 12 tahun.

Salah satu yang harus diperhatikan orangtua adalah memilih hotel yang ramah anak. Saat ini beberapa hotel sudah menyediakan fasilitas bagi anak-anak. Sebaliknya masih banyak hotel yang tidak peduli dengan fasilitas anak.

Memang, hotel atau tempat menginap tak ubahnya rumah sementara, tempat anak-anak bisa bermain sekaligus beristirahat dengan nyaman. Jika waktu istirahat terpenuhi secara optimal, anak pun lebih segar dalam mengikuti segala kegiatan di tempat liburan. Berikut beberapa panduan memilih hotel ramah anak.

01. Lakukan Survei

Cek keamanan dan kebersihan hotel dari berbagai sumber, jangan hanya dari situs hotel terkait. Jangan malas mengintip review para travel blogger, situs wisata, hingga komunitas traveling. Misalnya, melihat review atau komentar traveler soal hotel di tripadvisor.com. Dan sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya pilih beberapa hotel untuk dibuat perbandingan.

02. Lokasi Strategis

Cara memilih hotel ramah anak salah satunya dengan menentukan lokasi. Pilih lokasi hotel yang dekat dengan tujuan wisata dan transportasi publik. Hal ini bisa memangkas waktu Anda di jalan, dan tentunya membuat Si Kecil tidak kelelahan.

03. Fasilitas Anak

Pastikan hotel tersebut memiliki fasilitas yang “ramah” anak, contohnya memiliki kids club yang bersih terawat dengan paket kegiatan anak yang variatif, misalnya kegiatan keterampilan dan permainan tradisional. Selain itu, hotel memiliki taman bermain yang cukup luas untuk anak beraktivitas tanpa menganggu tamu-tamu lain, memiliki menu makanan yang disukai anak, kolam renang khusus anak, kamar tematik anak, nursing room, dan sebagainya.

04. Dapur dan Lemari Es

Cek juga ketersediaan lemari es mini, termos, dan pemanas air di kamar karena sangat berguna jika Anda masih menyusui atau ingin membuat MPASI. Jika memiliki bujet lebih, pilih kamar yang memiliki dapur mini. Jangan lupa untuk menanyakan pada pihak hotel soal ketersediaan gas dan peralatan memasak, seperti panci kecil dan peralatan makan.

05. Family Room

Jika Anda membawa lebih dari satu anak dan usianya sudah cukup besar untuk tidur sendiri, pilih tipe family room. Tentu saja tipe kamar ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya ukurannya lebih luas, memiliki ranjang tambahan untuk anak dan bayi, serta ada yang dilengkapi handuk, jubah mandi hingga sandal kamar berukuran kecil. Penting juga untuk memilih kamar yang tidak terlalu banyak furniturnya agar anak bebas bergerak. Namun, tipe kamar keluarga ini harganya lebih mahal dibanding tipe kamar standar, tapi Si Kecil pasti lebih nyaman.

06. Letak Kamar

Menginap di kamar hotel dengan balkon indah menghadap pegunungan, pantai, atau kolam renang nan cantik tentu sangat menyenangkan. Namun, saat bepergian dengan anak perhatikan juga apakah kamar yang akan ditempati berada di lantai yang tidak terlalu tinggi, memiliki teras dan lantai kamar yang tidak licin, serta memiliki balkon yang aman dan nyaman dengan pembatas kokoh. Jika harus menginap di kamar terpisah, pastikan Anda dan anak-anak mendapat kamar bersebelahan dengan fasilitas connecting door, sehingga apabila anak-anak membutuhkan bantuan, Anda bisa cepat datang.

07. Sesuai Anggaran

Bagaimana jika Anda terpentok anggaran untuk mendapatkan hotel terbaik bagi anak-anak? Apakah tetap bisa memilih hotel ramah anak? Sebetulnya masih banyak jenis penginapan lain yang juga cocok untuk keluarga. Misalnya, hotel bisnis atau budget hotel, apartotel, guest house, atau cottage. Yang terpenting, tempat menginap harus terjamin kebersihan dan keamanannya, sehingga perjalanan wisata bersama anak menyenangkan dan berkesan. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY