Kevin Costner Rambah Profesi Lain

0
504

CALIFORNIA, test.test.bisniswisata.co.id: SETELAH tiga dekade berkarya di Hollywood, aktor dan sutradara kawakan Kevin Costner, 60, merambah profesi lain. Pemenang Oscar itu menjadi novelis. Tak main-main, bintang Robin Hood: Prince of Thieves itu baru saja meluncurkan novel pertamanya, The Explorers Guild: Volume One: A Passage to Shambhala yang terdiri atas 784 halaman.

Berdasarkan alur cerita juga ketebalannya, novel yang ditulis Costner bersama Jim Baird itu ditujukan bagi pembaca dewasa.
Novel yang dipadati gambar ilustrasi karya Rick Ross, mengisahkan sekelompok petualang yang mencari sebuah kota legenda.

Melalui tulisannya, Costner seolah mengajak pembaca turut serta berpetualang mulai daerah kutub hingga ke sebuah kota emas. “Khayalan bahwa buku ini akan masih tetap dibaca 150 tahun ke depan mungkin terlalu tinggi. Namun, kami berharap novel ini masuk ke deretan buku yang dicintai banyak orang,” ujarnya dalam acara bedah bukunya di National Press Club, Washington, AS, Jumat (23/10).

Pada acara yang disesaki para penggemar novel itu, Costner menjelaskan dirinya tidak sekadar ingin mencoba-coba profesi novelis. Ia mengaku benar-benar serius. “Proses pengerjaan buku ini membutuhkan waktu tiga tahun. Di masa-masa itu saya lebih merasa serupa budak cinta, tidak seperti aktor yang sedang memburu uang,” kata dia seperti dilansir laman Washingtonpost, Ahad (25/10/2015).

Novel itu sengaja dibuat penuh ilustrasi. Pasalnya, ia bisa menyajikan gambaran yang lebih nyata tentang kisah yang diceritakan. “Saya senang menggambarkan secara nyata bagaimana para tokoh dalam novel ini menggunakan akal dan segala sumber daya yang dimiliki untuk keluar dari masalah.” ucap Kevin Michael Costner – nama lengkap Costner.

Lelaki kelahiran Lynwood, California, 18 Januari 1955 menuturkan, sejatinya kisah dalam novel tersebut pernah ia ajukan untuk dibuat sebagai film animasi. Namun, Hollywood tidak tertarik. Ia lalu memutuskan untuk mewujudkannya dalam novel ilustratif. Ia membiayai sendiri proyek pengerjaan novel tersebut.

“Dari pengalaman, saya belajar bahwa kadang harus membayar untuk mendapatkan apa yang saya cintai,” kata Costner merujuk pada filmnya, Dances with Wolves, yang produksinya ia biayai sendiri. Film itu meraih tujuh Oscar pada 1991, termasuk Oscar untuk debutnya sebagai sutradara.

Costner tak menampik anggapan subjudul Volume One: A Passage to Shambhala yang ia sematkan pada judul novelnya itu mengindikasikan bahwa The Explorers Guild bakal dibuat berseri.

Namun, ia tak menarget kapan seri berikutnya akan diterbitkan. Yang jelas, ia mengutamakan kualitas sehingga tak ingin terlalu terburu-buru. “Saya selalu memilih dan mengerjakan proyek saya secara hati-hati, baik itu di film maupun bidang lainnya. Mendapatkan ide bagus dalam penulisan novel tidaklah mudah. Saya tidak mau sekadar mencari untung,” tegasnya.

Pemenang Oscar yang memproduseri film-filmnya sendiri, ternyata sepanjang kariernya, film-film Costner mendapat laba bersih $1.3 milliar. Costner mempunyai 3 anak dengan Cindy: Annie (lahir 1984), Lily (lahir 1986) dan Joe (lahir 1988). Lily melanjutkan kuliah, dan Annie lulus dari Brown University pada 2006.

Ia dan 3 anaknya serta Cindy menjadi bagian dari Chandler School di Pasadena, California. Dan putranya Liam (lahir 1996), dari Bridget Rooney, melanjutkan hubungannya setelah bercerai dari Cindy. Dari test darah, Costner adalah ayah dari Liam. Kevin dan Cindy bercerai tahun 1994 setelah menikah selama 16 tahun.

Pada 25 September, 2004, setelah 10 tahun melajang, Costner menikahi Christine Baumgartner yang dipacarinya selama 4 tahun. Costner mendaftar sebagai anggota Republican pada pemilu 1996, dan ia mendaftar di Independent. Ia mendukung Democratic pada pemilihan kandidat presiden 1992, 1996, 2000, dan 2004 dan ia menjadi orang yang “konservativ”. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY