Ketua INCCA Usulkan Lima Penambahan Negara Bebas Visa

0
918

Untuk meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, pemerintah menetapkan bebas visa kunjungan singkat untuk lima negara yang merupakan pasar utama pariwisata Indonesia.

Aturan tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Lima negara bebas visa tersebut, yakni China, Jepang, Korea Selatan, Rusia, serta Australia.

Demi menembus 20 juta wisman di 2019, setelah lima negara yang dinyatakan bebas visa tersebut Ketua Umum DPP Indonesia Congress and Convention Association (INCCA), Iqbal Alan Abdullah mengusulkan lima penambahan negara.

“Kami meminta kepada pemerintah agar melakukan upaya penambahan bebas visa terhadap lima negara, yakni Amerika, Belanda, Inggris, Jerman dan Prancis,” ujar Iqbal saat ditemui Bisniswisata selesai Rapat Dengar Pendapat Komisi X, DPR, di Jakarta, Senin (19/1/15).

Lima negara tambahan yang diajukan bebas visa pada rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR menurutnya merupakan negara yang berpotensi mendatangkan banyak turis asing ke Indonesia.

“Lima negara tambahan ini kami pilih karena mempunyai sejarah lama terhadap Indonesia. Kalau kita kasih bebas visa kepada negara baru seperti Afrika maka tidak akan mengangkat sesuatu untuk Indonesia,” jelasnya. (evi)

LEAVE A REPLY