Geliat Pariaman Sebagai Tujuan Wisata Makin Meningkat

0
245
Festival Tabuik di Pariaman Sumbar

PARIAMAN, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meminta masyarakat yang tinggal di daerah tujuan wisata untuk mau bersikap ramah kepada wisatawan lokal maupun asing yang datang untuk menikmati keindahan Pariaman. Keramahan tersebut diyakini akan membuat wisatawan merasa nyaman dan aman menghabiskan waktu liburan di daerahnya.

“Diharapkan jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Karena kenyamanan dan keamanan adalah faktor penting dalam pariwisata,” kata Ketua Tim 12 Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumbar Ali Asmar, dikutip dari Antara, Selasa (6/6).

Ali menilai, salah satu daerah yang warganya diharapkan bisa meningkatkan keramahan adalah Pariaman. Sebab kota tersebut memiliki potensi wisata yang besar karena memiliki pantai, pulau-pulau kecil, serta ragam kuliner yang menggugah untuk dicicipi.

“Pariwisata tidak bisa berkembang jika hanya pemerintah saja yang berperan. Harus ada keseimbangan antara peran pemerintah, swasta dan masyarakat,” kata Ali yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar.

Saat ini, menurutnya infrastruktur jalan dan transportasi lain ke Pariaman dari ibu kota provinsi, maupun dari bandara sudah bagus. Tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan potensi tersebut. “Jangan sampai ada pungutan liar, baik pada perparkiran, harga kuliner dan hotel yang bisa merusak citra Pariaman,” kata dia.

Sekarang, geliat pariwisata di Pariaman membuat Pariaman jadi primadona bagi wisatawan lokal di Sumatera Barat. Apalagi adanya tranportasi Kereta Api, semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tabuik ini. Selain itu objek wisata di Kota Pariaman juga berbenah, ada 10 destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman yang bisa menjadi referensi bagi pelancong untuk menghabiskan waktu liburan.

01. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah adalah objek wisata andalan Kota Pariaman. Jika naik kereta api dari Kota Padang, kereta berhenti di stasiun Pantai Gandoriah. Pantai Gandoriah cocok yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan sedikit bersantai. Selain menikmati pantainya, juga bisa menikmati aneka kuliner khas Pariaman.

02. Pulau Angso Duo

Jika sudah cukup puas menikmati Pantai Gandoriah, bisa meneruskan perjalanan ke Pulau Angso Duo dengan transportasi kapal yang tersedia di muara dekat ujung Pantai Gandoriah. Di Pulau ini bisa melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling atau sekedar berkeliling menikmati keindahan pulau dengan pasir putihnya yang lembut.

03. Pulau Tangah

Pulau Tangah merupakan salah satu pulau yang masih berada di perairan Kota Pariaman. Dengan luas 6,58 hektare, Pulau Tangah banyak ditumbuhi kelapa, bakau, semak dan rumput. Sama halnya dengan Pulau Angso Duo, pulau Tangah juga dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut. Disini kita juga bisa menikmati suasana pantai atau melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

04. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak berada tak jauh dari Pulau Angso Duo. Pulau kecil ini juga memiliki keindahan yang sama dengan Pulau Angso Duo dengan pasir putihnya. Dan disini terdapat sebuah menara suar DSI (Daftar Suar Internasional) setinggi 40 meter. Pulau Kasiak merupakan kawasan konservasi penyu di Kota Pariaman. Pulau ini merupakan tempat bagi penyu-penyu untuk bertelur. Sayangnya karena beberapa waktu ini pengunjung kurang menjaga kebersihan pulau jadi terpaksa kunjungan ke Pulau ini rencananya akan dibatasi.

05. Pantai Cermin

Jika mencari area rekreasi yang tidak seramai Pantai Gandoriah, cobalah ke Pantai Cermin yang berjarak 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman tepatnya di desa Karan Aur. Disini pantainya cukup lantai, pasirnya lembut serta banyak ditumbuhi pohon kelapa dan pinus yang menjadikan area pantai ini rindang dan berhawa sejuk.

06. Pantai Kata

Pantai Kata, Kata sendiri merupakan singkatan dari dua desa yang merupakan lokasi pantai ini yaitu Karan Aur dan Taluak. Pantai ini banyak ditumbuhi pinus dan kelapa serta berpasir putih. Dari Pantai Gandoriah, dunsanak bisa menuju ke Pantai ini menggunakan jasa ojek atau naik bendi.

07. Pantai Belibis atau Muaro Nareh

Kalau tempat yang satu ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat umumnya. Tapi tak ada salahnya mencoba lokasi Pantai yang terletak di Desa Padang Biriak-Biriak Kecamatan Pariaman Utara ini. Lokasinya kira-kira 6 kilometer dari pusat kota. Disini selain pantainya berpasir putih juga terdapat hutan bakau yang masih asri.

08. Muaro Mangguang

Lokasi wisata ini bisa dibilang baru diminati belakangan ini karena baru selesainya renovasi sejumlah sarananya. Bisa menikmati sunset atau memancing sambil menikmati jagung bakar dan kuliner khas Pariaman lainnya.

09. Balai Konservasi Penyu Kota Pariaman

Untuk wisata keluarga dan edukasi cocok nih berkunjung ke UPT Konservasi Penyu di Kota Pariaman yang berlokasi di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara. Kita bisa melihat berbagai jenis penyu dipenangkaran mulai dari yang masih telur hingga yang sudah berusia dewasa. Selain itu kita juga bisa mempelajari seluk beluk mengenai penyu.

10. Taman Orang Piaman Creative (OPC) Pantai Pauh
Objek wisata ini terbilang baru dan digagas oleh dua anak muda Ferdi dan Edo. Mereka menyulap Pantai Pauh menjadi sebuah kawasan wisata unik yang menyidiakan spot berfoto dengan tema tertentu. (*/bbs)

LEAVE A REPLY